PENGERTIAN, FUNGSI DAN TUJUAN SKL

 

Pert ke-4

 

 

 


APA ITU SKL?

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Itulah mengapa, setiap melakukan pembelajaran seorang guru harus mengacu pada standar tersebut.

Tujuan yang dimaksud adalah tujuan standar kompetensi lulusan dari berbagai jenjang. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 26 Ayat (1) sampai (3) menyatakan:

  1. Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  2. Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah umum bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  3. Standar kompetensi lulusan pada satuan menengah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai kejuruannya

fungsi SKL adalah sebagai berikut.

  1. Menjadi pedoman penilaian untuk menentukan kelulusan peserta didik.
  2. Menjadi pondasi dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak, dan keterampilan hidup mandiri saat berada di jenjang pendidikan dasar dan menengah umum/kejuruan.

Manfaat SKL adalah sebagai berikut.

  1. Dijadikan pedoman batas kelulusan bagi peserta didik di setiap satuan pendidikan.
  2. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara mendasar dan menyeluruh di jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  3. Dijadikan rujukan dalam menyusun standar pendidikan lain, misalnya standar isi, standar proses, dan lainnya.

Ruang lingkup standar kompetensi lulusan mencakup kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang harus dicapai setelah menempuh belajar di jenjang dasar dan menengah. Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 

  • Dimensi Sikap
    Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/SMALB/Paket C memiliki kompetensi pada dimensi sikap yang memiliki perilaku mencerminkan sikap:

RUMUSAN

SD/MI/SDLB/Paket A

SMP/MTs/SMPLB/Paket B

SMA/MA/SMALB/Paket C

1.   Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME

2.   Berkarakter, jujur dan peduli

3.   Bertanggung jawab

4.   Pembelajar sejati, sepanjang hayat

5.   Sehat jasmani dan rohani

 

Sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

1.   Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME

2.   Berkarakter, jujur dan peduli

3.   Bertanggung jawab

4.   Pembelajar sejati, sepanjang hayat

5.   Sehat jasmani dan rohani

 

Sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa negara dan Kawasan regional

1.     Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME

2.     Berkarakter, jujur dan peduli

3.     Bertanggung jawab

4.     Pembelajar sejati, sepanjang hayat

5.     Sehat jasmani dan rohani

 

Sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, Kawasan regional dan internasional.

 

  • Dimensi Pengetahuan
    Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/ SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/SMALB/Paket C memiliki kompetensi pada dimensi pengetahuan sebagai berikut.

RUMUSAN

SD/MI/SDLB/Paket A

SMP/MTs/SMPLB/Paket B

SMA/MA/SMALB/Paket C

Memiliki pengetahuan factual, konseptual, prosedur dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:

1.     Ilmu pengetahuan

2.     Teknologi

3.     Seni

4.     Budaya

 

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa dan negara.

Memiliki pengetahuan factual, konseptual, prosedur dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:

1.     Ilmu pengetahuan

2.     Teknologi

3.     Seni

4.     Budaya

 

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara dan Kawasan regional.

Memiliki pengetahuan factual, konseptual, prosedur dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:

1.     Ilmu pengetahuan

2.     Teknologi

3.     Seni

4.     Budaya

 

Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, serta kasaran regional dan internasional.



  • Dimensi Keterampilan
    Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A; SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/SMALB/Paket C memiliki kompetensi pada dimensi keterampilan sebagai berikut.

RUMUSAN

SD/MI/SDLB/Paket A

SMP/MTs/SMPLB/Paket B

SMA/MA/SMALB/Paket C

Memiliki keterampilan berfikir dan bertindak:

     1.    Kreatif                            

     2.     Produktif

     3.     Kritis

     4.     Mandiri

     5.     Kolabiratif

     6.     Komunikatif

Melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan tahap perkembangan anak yang relevan dengan tugas yang diberikan.

Memiliki keterampilan berfikir dan bertindak:

        Kreatif

        Produktif

        Kritis

        Mandiri

        Kolabiratif    

        Komunikatif

Melalui pendekatan ilmiah sesuai dengan yang dipelajari di satuan Pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

Memiliki keterampilan berfikir dan bertindak:

        Kreatif

        Produktif

        Kritis

        Mandiri

        Kolabiratif

        Komunikatif

Melalui pendekatan ilmiah sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan Pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

 

Contok SKL

Materi Sejarah dakwah nabi Muhammad

Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Aliyah meliputi:
  • Dakwah Nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah
  • Kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat 
  • Perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M 
  • Perkembangan Islam pada abad pertengahan atau zaman kemunduran (1250 M – 1800 M) 
  • Perkembangan Islam pada masa modern atau zaman kebangkitan (1800-sekarang) 
  • Perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.

 

Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran (SKL-MP) SKI

  • Memahami dan mengambil ibrah sejarah dakwah nabi Muhammad pada periode Mekkah dan periode Madinah, masalah kepemimpinan umat setelah Rasulullah   SAW  wafat, perkembangan Islam pada abad pertengahan atau zaman kemunduran (1250M-1800M), abad   pertengahan atau zaman kemunduran   (1250M-1800 M), masa modern atau zaman kebangkitan (1800-sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.
  • Mengapresiasi fakta dan makna peristiwa-peristiwa bersejarah, dan   mengkaitkannya dengan fenomena kehidupan sosial, budaya, politik, ekonomi, dan ipteks.
  • Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan sejarah kebudayaan atau peradaban Islam.

SKL adalah muara utama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti adalah pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan kompetensi dasar.

 

Thanks....

Tulisan Terkait
KD https://arieslailiyah.blogspot.com/2021/04/pengertian-kd.html

KI https://arieslailiyah.blogspot.com/2021/04/pengertian-kompetensi-inti-ki.html

 

PERTANYAAN,
Silahkan teman-teman jawab pertanyaan dibawah ini dengan tulis tangan, lalu dikirim ke email hardjitoa@gmail.com dengan subjek email: KELAS-NAMA-TUGAS3, contoh: 6PAIA-SITI-TUGAS3. Terakhir pengumpulan hari ini pukul 18.30 WIB.

  1. Jelaskan pengertian SKL? 
  2. Sebutkan regulasi yang berhubungan dengan SKL, minimal 3? 
  3. Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah memiliki kompetensi tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. jelaskan perbedaan dimensi pengetahuan dalam setiap jenjang?

 


logoblog
Previous
« Prev Post