SILABUS PENDIDIKAN INKLUSI
Nama
Mata Kuliah : Pendidikan
Inklusi
Kode
Mata Kuliah : --
SKS :
2
Semester : V
Dosen : Aris
Nurlailiyah, M.PdI
Program
Studi :
PGMI
Prasyarat : --
Waktu
Perkuliahan : Semester Gasal
Deskripsi
Mata Kuliah :
Pengalaman
Belajar : Tatap muka,
presentasi, penelitian, catatan review dan ujian.
Pertemuan
|
Tujuan Perkuliahan
|
Pokok Bahasan
|
1
|
Mahasiswa memahami unit guide
perkuliahan Pendidikan Inklusi
|
Pengantar
|
2
|
Dasar dasar mendidik siswa
berkebutuhan khusus
|
a.
Pengertian pendidikan khusus
b.
Hukum federal tentang
pendidikan khusus
c.
Pengaruh apa saja yang
membentuk pendidikan khusus
|
3
|
Prosedur dan layanan pendidikan
inklusi
|
a.
Tenaga professional dalam
pendidikan khusus
b.
Cara membedakan pendidikan
khusus dan keadaan disabilitas
c.
Layanan yang dterima siswa
penyandang disabilitas
|
4
|
Asesmen kebutuhan khusus
|
a.
Sumber informasi yang digunakan
dalam pemrograman untuk siswa berkebutuhan khusus
b.
Asesmen berbasis kurikululm
untuk siswa berkebutuhan khusus dan tidak
c.
Probing berbasis kurikulum
digunakan untuk mengambil keputusan pendidikan khusus
|
5
|
Merencanakan pengajaran dengan
menganalisis ruang kelas dan kebutuhan kelas I
|
a.
Strategi INCLUDE
b.
Pengelolaan kelas
c.
Pengelompokan siswa
d.
Evaluasi materi pengajaran
e.
Analisis metode pengajaran dalam
hubungannya dengan kebutuhan siswa
|
6
|
Merencanakan pengajaran dengan
menganalisis ruang kelas dan kebutuhan kelas II
|
-
|
7
|
Siswa berkebutuhan khusus
selain disabilitas
|
a.
UU mengenai perlindungan siswa
berkebutuhan khusus
b.
Intervensi bagi siswa bermasalah
|
8
|
Pembedaan Pengajaran
|
a.
Akomodasi untuk siswa dengan
beraneka ragam kondisi
b.
Melibatkan orang tua dalam
mendidik
c.
Modifikasi pengajaran bagi
siswa-siswa penyandang gangguan kecerdasan
|
9
|
Strategi belajar mandiri
|
a.
Strategi belajar mandiri di
kelas
b.
Contoh strategi belajar yang
berhasil
c.
Siswa menggunakan strategi
belajar mandiri
|
10
|
Evaluasi Hasil Belajar I
|
a.
Akomodasi bagi siswa
berkebutuhan khusus sewaktu memberikan ujian
b.
Akomodasi dalam penetapan nilai
kartu raport bagi siswa berkebutuhan khusus
c.
Asesmen menurut performa yang
bermanfaat untuk siswa berkebutuhan khusus
d.
Asesmen menurut portofolio yang
bermanfaat untuk siswa berkebutuhan khusus
|
11
|
Evaluasi Hasil Belajar II
|
-
|
12
|
Lapangan
|
Observasi
ke sekolah Inklusi atau ke sekolah SLB jenis apapun
|
13
|
Lapangan –menulis laporan
|
Observasi
ke sekolah Inklusi atau ke sekolah SLB jenis apapun
|
14
|
Review hasil lapangan dan teori
perkuliahan
|
|