Pengembangan Media dan Sumber Belajar PAI
Nama
Mata Kuliah : Pengembangan
Media dan Sumber Belajar PAI
Kode
Mata Kuliah : --
SKS :
2
Dosen :
Program
Studi :
Pendidikan Agama Islam
Prasyarat : --
Waktu
Perkuliahan : Semester Gasal
Deskripsi
Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bersifat
wajib tempuh bagi mahasiswa PAI. Pada dasarnya mata kuliah ini akan dibahas
mengenai konsep dan prinsip-prinsip pengembangan Media dan Sumber Belajar PAI, media
dan sumber belajar yang berbasis teknologi serta pendekatan media dan sumber
belajar berbasis aneka sumber.
Ugensi
Mata Kuliah :
Mata kuliah ini sangat penting untuk membantu pemahaman dan pengetahuan mahasiswa tentang media pembelajaaran, memiliki kemampuan serta keterampilan dalam mengembangkan serta membuat media sederhana untuk kepentingan pembelajaran
Mata kuliah ini sangat penting untuk membantu pemahaman dan pengetahuan mahasiswa tentang media pembelajaaran, memiliki kemampuan serta keterampilan dalam mengembangkan serta membuat media sederhana untuk kepentingan pembelajaran
Pengalaman
Belajar : Tatap muka,
presentasi, penelitian, catatan review dan ujian.
Pertemuan
|
Tujuan
Perkuliahan
|
Pokok
Bahasan
|
1
|
Mahasiswa
memahami unit guide perkuliahan Pengembangan Media dan Sumber Belajar PAI: Pengertian
|
Pengantar
|
2
|
Mahasiswa
memiliki wawasan tentang media dan sumber belajar dengan melakukan observasi
di lapangan
|
Observasi
sekolah Formal –SD, SMP, SMA dan setingkatnya-- tentang media dan sumber
belajar PAI
|
3
|
Mahasiswa
memiliki pemahaman tentang media dan sumber belajar PAI dengan mendiskusikan
di dalam kelas
|
Menulis
laporan mengenai hasil observasi dan didiskusikan di kelas
|
4
|
Mahasiswa
memiliki wawasan untuk mengklasifikasikan tentang media pembelajaran
|
·
Mengklasifikasikan
jenis media
·
Menyebutkan
macam-macam media
·
Menganalisis
kelebihan dan kelemahan jenis-jenis dan karaktristik Media Pembelajaran
|
5
|
Mahasiswa
memiliki wawasan tentang sumber belajar PAI
|
·
Mengklasifikasi
macam-macam sumber belajar
·
Menjelaskan
fungsi /peranan sumber belajar
·
Mengkritisi
kriteria emilihan sumber belajar
|
6
|
Mahasiswa
memiliki wawasan media dan sumber belajar PAI berbasis teknologi
|
Perkembangan
media dan sumber Belajar PAI: media dan
sumber belajar berbasis teknologi
|
7+8
|
Mahasiswa
memiliki wawasan perkembangan media dan sumber belajar PAI berbasis aneka
sumber
|
Perkembangan
media dan sumber belajar PAI: media dan
sumber belajar berbasis aneka sumber
|
9
|
Mahasiswa
memiliki pemahaman tentang media dan sumber belajar PAI di tiap jenjang
|
Media
dan Sumber Belajar PAI di tiap jenjang: SD,
SMP, SMA dan setingkat
|
10
|
Mahasiswa
memiliki pemahaman tentang media dan sumber PAI di pendidikan non formal
|
Media
dan Sumber Belajar PAI di Pendidikan Non-Formal “Pendidikan Anak Usia Dini”
|
11
|
Mahasiswa
memiliki pemahaman tentang media dan sumber PAI di pendidikan non formal
|
Media
dan Sumber Belajar PAI di Pendidikan Non-Formal “masyarakat”
|
12
|
Mahasiswa
memiliki wawasan mengenai media dan sumber belajar PAI di pendidikan
non-formal
|
Observasi
tentang Media dan Sumber belajar PAI di pendidikan non-formal
|
13
|
Mahasiswa
memiliki pemahaman tentang media dan sumber PAI di pendidikan non formal
|
Menulis
laporan observasi dan mendiskusikan
|
14
|
Mahasiswa
memilki wawasan dan pemahaman mengenai tentang teori dan praktek di lapangan
media dan sumber belajar PAI
|
Review—mengumpulkan
analisis dari hasil observasi I dan II sesuai dengan materi perkuliahan
|
Evaluasi
Hasil Belajar untuk bisa mengikuti UAS, presensi minimal adalah 75%
NILAI
AKHIR = presensi + tugas observasi + laporan + presentasi + UAS
Daftar
Literatur/Referensi:
Sitepu.
Pengembangan Sumber Belajar. Depok: Rajawali
Pers. 2017.
Oemar
Hamalik. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi
Aksara, 2003.
Uzer Usman. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2001.
Muhaimin. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media. 1996.
Uzer Usman. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2001.
Muhaimin. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media. 1996.