Silabus Pengembangan Sumber dan Media PAI




Pengembangan Media dan Sumber Belajar PAI

Nama Mata Kuliah              : Pengembangan Media dan Sumber Belajar PAI
Kode Mata Kuliah               : --
SKS                                      : 2
Dosen                                   :
Program Studi                      : Pendidikan Agama Islam
Prasyarat                                 : --
Waktu Perkuliahan            : Semester Gasal
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini bersifat wajib tempuh bagi mahasiswa PAI. Pada dasarnya mata kuliah ini akan dibahas mengenai konsep dan prinsip-prinsip pengembangan Media dan Sumber Belajar PAI, media dan sumber belajar yang berbasis teknologi serta pendekatan media dan sumber belajar berbasis aneka sumber.
Ugensi Mata Kuliah               :
Mata kuliah ini sangat penting untuk membantu pemahaman dan pengetahuan mahasiswa tentang media pembelajaaran, memiliki kemampuan serta keterampilan dalam mengembangkan serta membuat media sederhana untuk kepentingan pembelajaran
Pengalaman Belajar            : Tatap muka, presentasi, penelitian, catatan review dan ujian.

Pertemuan
Tujuan Perkuliahan
Pokok Bahasan
1
Mahasiswa memahami unit guide perkuliahan Pengembangan Media dan Sumber Belajar PAI: Pengertian
Pengantar
2
Mahasiswa memiliki wawasan tentang media dan sumber belajar dengan melakukan observasi di lapangan
Observasi sekolah Formal –SD, SMP, SMA dan setingkatnya-- tentang media dan sumber belajar PAI
3
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang media dan sumber belajar PAI dengan mendiskusikan di dalam kelas
Menulis laporan mengenai hasil observasi dan didiskusikan di kelas
4
Mahasiswa memiliki wawasan untuk mengklasifikasikan tentang media pembelajaran
·             Mengklasifikasikan jenis media
·             Menyebutkan macam-macam media
·             Menganalisis kelebihan dan kelemahan jenis-jenis dan karaktristik Media Pembelajaran
5
Mahasiswa memiliki wawasan tentang sumber belajar PAI
·             Mengklasifikasi macam-macam sumber belajar
·             Menjelaskan fungsi /peranan sumber belajar
·             Mengkritisi kriteria emilihan sumber belajar

6
Mahasiswa memiliki wawasan media dan sumber belajar PAI berbasis teknologi
Perkembangan media dan sumber Belajar PAI: media dan sumber belajar berbasis teknologi
7+8
Mahasiswa memiliki wawasan perkembangan media dan sumber belajar PAI berbasis aneka sumber
Perkembangan media dan sumber belajar PAI: media dan sumber belajar berbasis aneka sumber
9
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang media dan sumber belajar PAI di tiap jenjang
Media dan Sumber Belajar PAI di tiap jenjang: SD, SMP, SMA dan setingkat
10
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang media dan sumber PAI di pendidikan non formal
Media dan Sumber Belajar PAI di Pendidikan Non-Formal “Pendidikan Anak Usia Dini”
11
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang media dan sumber PAI di pendidikan non formal
Media dan Sumber Belajar PAI di Pendidikan Non-Formal “masyarakat”
12
Mahasiswa memiliki wawasan mengenai media dan sumber belajar PAI di pendidikan non-formal
Observasi tentang Media dan Sumber belajar PAI di pendidikan non-formal
13
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang media dan sumber PAI di pendidikan non formal
Menulis laporan observasi dan mendiskusikan
14
Mahasiswa memilki wawasan dan pemahaman mengenai tentang teori dan praktek di lapangan media dan sumber belajar PAI
Review—mengumpulkan analisis dari hasil observasi I dan II sesuai dengan materi perkuliahan


Evaluasi Hasil Belajar untuk bisa mengikuti UAS, presensi minimal adalah 75%
NILAI AKHIR = presensi + tugas observasi + laporan + presentasi + UAS
Daftar Literatur/Referensi:

Sitepu. Pengembangan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers. 2017.
Oemar Hamalik. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Uzer Usman. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosda Karya. 2001.
Muhaimin. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media. 1996.



 
-->
logoblog
Previous
« Prev Post