Oleh: Afifah Khusnul Khotimah
SKEMA ALIRAN-ALIRAN DAN DOKTRIN DALAM ISLAM
|
No.
|
Nama Aliran
|
Tahun Muncul
|
Tokoh
|
Doktrin-Doktrin
|
|
1.
|
Syiah
|
37 H
|
Jalaludin
Rakhmat, Haidar Bagir, Haddad Alwi, Nashr bin Muzahim, Ahmad bin Muhammad bin
Isa Al-Asy’ari.
|
·
Ahlul Bait
·
Al-Bada
·
Asy-Syuro
·
Mahdawiyah
·
Taqiyah
·
Marjai’ah
·
Imamiyah
|
|
2.
|
Khawarij
|
37 H
|
Urwah
bin Hudair, Mustarid bin Sa’ad, Hausarah al-Asadi, Quraid bin Maruah, Nafi’
bin al-Azraq, ‘Abdullah bin Basyir.
|
·
Khalifah dipilih
bebas oleh seluruh umat islam.
·
Khalifah tidak
harus keturunan Arab.
·
Manusia bebas
menentukan perbuatannya bukan dari Tuhan.
·
Qur’an adalah
makhluk.
|
|
3.
|
Jabariyah
|
2 H
|
Al-Ja’ad
bin Dirham, Jahm bin Sofwan, Adh-Dhirar, Husain bin Muhammad Al-Najjar.
|
·
Surga dan neraka
tidak kekal
·
Manusia tidak
dapat berbuat apa-apa
·
Kalam Tuhan
adalah makhluk
·
Iman yaitu
ma’rifat atau membenarkan dalam hati
·
Tuhan tidak
dapat dilihat di akhirat kecuali Tuhan memindahkan ma’rifat ke manusia.
|
|
4.
|
Mu’tazilah
|
80 H / 131 H
|
Wasil
bin ata’ , Abu Huzail Al-Allaf, An-Nazzam, Al-Juba’i
|
·
Akal yang
menentukan terbentuk tindaknya negara
·
Kekuasaan kepala
negara tak terbatas waktunya.
|
|
5.
|
Asy’ariyah
|
300 H
|
Al-Baqillani,
Al-Juwaini, Al-Ghazali
|
·
Kebebasan dalam
berkehendak
·
Tuhan dan
sifat-sifatnya
·
Akal dan wahyu
dan kriteria baik dan buruk.
|
|
6.
|
Qadariyah
|
70 H
|
Ma’bad
Al-Jauhani, Ghailan Al-Dimasyqi.
|
·
Tidak percaya
pada takdir Tuhan
·
Pemahaman
tentang takdir terlalu liberal.
|
|
7.
|
Murji’ah
|
1 H
|
Abdullah
bin Umar, Saad bin Abi waqash, Imran bin Husin, Abu Hasan Ash-Shalihi, Yunus
bin An-Namiri, Ubaid Al-Muktaib
|
·
Orang islam yang
percaya pada Tuhan dan kemudian menyatakan kekufuran secara lisan tidaklah
menjadi kafir, karena kufur dan iman letaknya di hati
·
Ibadah dalam
pemahaman aliran ini bukan berarti shalat tetapi iman sudah termasuk dengan
ibadah.
|
|
8.
|
Maturidiyah
|
4 H
|
Muhammad
Ibn Muh. Abu Mansur, Bukhara al-Bazdawi, Al-Bayadi
|
·
Janji dan
ancaman Tuhan tidak boleh tidak mesti berlaku kelak
·
Orang mukmin
melakukan dosa besar tetap mukmin.
|
