SILABUS Sejarah Peradaban Islam
Minggu ke-
|
Bahan Kajian
|
Bentuk Pembelajaran
|
Kriteria dan indikator penilaian
|
1-3
|
Memahami pengertian sejarah dan ruang lingkup sejarah sebagai
ilmu dan peletakan dasar-dasar pengkajian Sejarah Peradaban Islam
|
Bahan kontrak, bahan materi, tanya jawab, tugas
|
Partisipasi Kontrak membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek
pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat
Tugas Membuat Rangkuman materi SPI
|
4-6
|
Mampu mengidentifikasi dunia Arab menjelang Islam, memahami
Kelahiran Nabi Muhammad dan perjuangannya di Mekkah, memahami periode hijrahnya
Muhammad dan membangun Masyarakat Madinah, mengidentifikasi periode sahabat
(Khulafaur rasyidin) yang terdiri dari Abu Bakkar, Umar bin Khattab, Usman
bin Affan dan Ali bin Abi Thalib
|
Tugas artikel, presentase dan membaca artikel yang sudah
disiapkan, daftar silsilah, peta geografis
(Hasanah,
manda, meyyana, Rahmad, nuraini)
|
Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis
data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan
Presentasi: Penguasaan materi,Ketepatan menyelesaikan masalah,
Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alatperaga
dalam presentasi, Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman
obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Peta Konsep, daftar
silsilah, dan peta geografis.
|
7-9
|
Mengidentifikasi periode Tabi’in dan Tabi’it (Dinasti Umayyah
Damaskus di Timur dan Di Andalusia
(Spanyol) (pengembangan wilayah di masa dinasti Umayyah), mengidentifikasi dinasti Abbasiyah per-periode (berdirinya
dinasti Abbasiyah, pengenalan
Peradaban dan kemunculan tokoh-tokoh ulama
|
Presentase artikel, diskusi, menggunakan peta konsep
|
Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis
data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan
Presentasi: Penguasaan materi,Ketepatan menyelesaikan masalah,
Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alatperaga
dalam presentasi, Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman
obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Peta Konsep, daftar
silsilah, dan peta geografis.
|
10-12
|
Memahami periode kemunculan Dinasti-dinasti Kecil dan Muluku
Thawaif sampai kemunculan Dinasti dari kerajaan Islam di periode pertengahan.
|
Presentase artikel dan diskusi, membandingkan materi dengan
informasi dari jurnal
|
Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis
data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan
Presentasi: Penguasaan materi,Ketepatan menyelesaikan masalah,
Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alatperaga
dalam presentasi, Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman
obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Peta Konsep, daftar
silsilah, dan peta geografis.
|
13-14
|
Memahami proses Islamisasi Islam di Kawasan nusantara dengan
kemunculan Kerajaan-kerajaan Islam dan peradaban yang ditinggalkannya
Memahami Islam di Indonesia dalam menghadapi penjajahan hingga sampai
kemerdekaan dan pasca kemerdekaan serta bentuk peradaban Islam di Indonesia
|
Presentasi artikel
menggunakan metode Brain Storming
|
Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis
data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan
Presentasi: Penguasaan materi,Ketepatan menyelesaikan masalah,
Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alatperaga
dalam presentasi, Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman
obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Peta Konsep, daftar
silsilah, dan peta geografis.
|