SILABUS SEJARAH PERADABAN ISLAM untuk PTAI





SILABUS Sejarah Peradaban Islam


Minggu ke-
Bahan Kajian
Bentuk Pembelajaran
Kriteria dan indikator penilaian
1-3
Memahami pengertian sejarah dan ruang lingkup sejarah sebagai ilmu dan peletakan dasar-dasar pengkajian Sejarah Peradaban Islam
Bahan kontrak, bahan materi, tanya jawab, tugas

Partisipasi Kontrak membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Membuat Rangkuman materi SPI

4-6
Mampu mengidentifikasi dunia Arab menjelang Islam, memahami Kelahiran Nabi Muhammad dan perjuangannya di Mekkah, memahami periode hijrahnya Muhammad dan membangun Masyarakat Madinah, mengidentifikasi periode sahabat (Khulafaur rasyidin) yang terdiri dari Abu Bakkar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib
Tugas artikel, presentase dan membaca artikel yang sudah disiapkan, daftar silsilah, peta geografis
(Hasanah, manda, meyyana, Rahmad, nuraini)

Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan
Presentasi: Penguasaan materi,Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alatperaga dalam presentasi, Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Peta Konsep, daftar silsilah, dan peta geografis.

7-9
Mengidentifikasi periode Tabi’in dan Tabi’it (Dinasti Umayyah Damaskus di Timur dan Di  Andalusia (Spanyol) (pengembangan wilayah di masa dinasti Umayyah), mengidentifikasi  dinasti Abbasiyah per-periode (berdirinya dinasti  Abbasiyah, pengenalan Peradaban dan kemunculan tokoh-tokoh ulama
Presentase artikel, diskusi, menggunakan peta konsep

Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan
Presentasi: Penguasaan materi,Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alatperaga dalam presentasi, Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Peta Konsep, daftar silsilah, dan peta geografis.

10-12
Memahami periode kemunculan Dinasti-dinasti Kecil dan Muluku Thawaif sampai kemunculan Dinasti dari kerajaan Islam di periode pertengahan.
Presentase artikel dan diskusi, membandingkan materi dengan informasi dari jurnal

Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan
Presentasi: Penguasaan materi,Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alatperaga dalam presentasi, Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Peta Konsep, daftar silsilah, dan peta geografis.

13-14
Memahami proses Islamisasi Islam di Kawasan nusantara dengan kemunculan Kerajaan-kerajaan Islam dan peradaban yang ditinggalkannya Memahami Islam di Indonesia dalam menghadapi penjajahan hingga sampai kemerdekaan dan pasca kemerdekaan serta bentuk peradaban Islam di Indonesia
Presentasi artikel  menggunakan metode Brain Storming

Kesesuaian Topik, Kelengkapan data, Kecukupan referensi, Analisis data, Bebas Plagiarisme, Tata tulis serta Sistematika penyusunan laporan
Presentasi: Penguasaan materi,Ketepatan menyelesaikan masalah, Kemampuan komunikasi, Kemampuan menghadapi pertanyaan, Kelengkapan alatperaga dalam presentasi, Membuat Pertanyaan: Kesesuaian obyek pertanyaan, Kedalaman obyek pertanyaan; Ketepatan metode bertanya Membuat Tugas Peta Konsep, daftar silsilah, dan peta geografis.




logoblog
Previous
« Prev Post