oleh: Rois Mustaghfirun
ALIRAN DAN DOKTRIN-DOKTRIN KEAGAMAAN
5. Mu'tazilah
6. Maturidiyah
9. Inkarussunah
ALIRAN DAN DOKTRIN-DOKTRIN KEAGAMAAN
DALAM
TEOLOGI ISLAM
1. Syi'ah
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
SYIAH
|
Syiah mulai muncul pada akhir pemerintahan
Ustman bin Affan, kemudian tumbuh dan berkembang pada masa Ali bin Abi Thalib
yakni tahun 37 H.
Sementara embrio Syiah muncul ketika Abu
Bakar diangkat menjadi Khalifah.
|
1. Ali bin Abi Thalib
2. Hasan bin Ali
3. Husein bin Ali
4. M. Zainal bin Husein
5. M. Ali Baqir bin Ali Zainal
6.Ja’far Shaddiq bin M. Ali Baqir
7. Musa Al – Khazim bin Ja’far Shaddiiq
8. Ali Redha bin Musa Al – Khazim
9. M. Ali Jawwad bin Ali Redha
10. Ali bin Muh. bin Ali Redha
11. Hasan bin Ali bin Muh. Al – Asy’ari
12. Muhammad bin Hasan Al – Mahdi.
|
1. Ahlul
Bait, yang berarti kerabat
dan keturunan Nabi Muhammad Saw.
2. Al
– Bada, yaitu keyakinan bahwa
Allah Swt. mampu mengubah suatu peraturan atau keputusan yang sudah
ditetapkan dengan ketetapan yang baru.
3.
Asy – Syuro. Kaum
Syi’ah menganggap bahwa bulan Muharam adalah hari berkabung bagi mereka atas
kematian Imam Husein di Karbala.
4. Mahdawiyyah. Mereka memiliki
keyakinana akan datangnya Imam Mahdi di akhir zaman.
5. Taqiyah, yaitu salah satu usaha
untuk menyembunyikam Identitas demi keselamatan hidupnya.
6. Marja’iyah. Mereka menganggap bahwasanya
urusan keagamaan maupun kemasyarakatan dipegang oleh para Fuqoho.
7. Imamiyah. Keyakinan
penerus risalah kenabian oleh para Imam.
|
2. Khawarij
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
KHAWARIJ
|
Khawarij adalah salah satu sekte pengikut
Ali bin Abi Thalib yang telah keluar meninggalkan barisan
Ali pasca perang Siffin dan tidak mau menerima keputusan Tahkim
tahun 37 H/648 M.
|
1. Urwah bin Hudair
2. Mustarid bin Sa’ad
3. Hausarah bin Al – Asadi
4. Quraib bin Maruah
5. Nafi’ bin Al- Azraq
6. Abdullah bin Basyir
|
1. Khalifah atau Imam dipilih
secara bebas oleh seluruh umat Islam.
2. Khalifah tidak harus
dari keturunan Nabi Muhammad Saw. atau bangsa Arab
3. Khalifah sebelum Ali
dianggap sah tetapi separuh dari pemerintahan Ustman bin Affan dianggap telah
menyeleweng.
4. Khalifah Ali sah tetapi
setelah peristiwa Tahkim dianggap Kafir.
5. Khalifah yang tidak adil
haruslah dibunuh.
6. Mua’wiyah bin Abu Sufyan,
Abu Musa Al- Asy’ari dan Amr bin Ash dianggap kafir.
7. Pelaku dosa besar adalah
Kafir
|
3. Murji'ah
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
MURJI’AH
|
Aliran Mur’jiah lahir pada permulaan abad ke
1 hijriah.
Kaum Mur’jiah lahir sebagai golongan yang
tidak mau terlibat dalam menyikapi peristiwa Tahkim mereka hanya menyerahkan
semua perkara itu kepada Allah Swt di akhirat kelak.
|
1. Abdullah bin Umar
2. Saad bin Abi Waqas
3. Imran bin Husin
(Kalangan Sahabat Nabi)
4. Abu Hasan Ash – Shalihi
5. Yunus bin An - Namiri
6. Ubaid Al – Muktaib
7. Ghailar ad – Dimasya
8. Bisyar Al – Marisi
9. Muhammad bin Karam
|
1.Menunda hukuman atas Ali,
Mu’awiyah, Amr bin Ash dan Abu Musa Al – Asy’ari yang terlibat dalam
peristiwa Tahkim dan menyerahkannya kepada Allah Swt. di akhirat kelak.
2. Menyerahkan keputusan
pelaku dosa besar kepada Allah Swt.
3. Meletakan arti pentingnya
Iman daripada Amal
4. Memberikan penghargaan
kepada Muslim yang berdosa besar untuk memperoleh ampunan dan rahmat Allah
Swt.
|
4. Asy'ariyah
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
ASY’ARIYAH
|
Asy’ariyah berkembang pesat pada abad ke 11
M. Asy’ariyah adalah mahzab teologi yang disandarkan kepada Abul
Hasan Al – Asy’ari (w. 324 H/936 M).
Aliran inilah
yang lebih dikenal mengedepankan akal (rasional) diatas
tekstual nash dalam memahami Al – Qur’an dan Hadits.
|
1. Abu Hamid Al – Ghazali
2. Al – Qodhi Abu Bakar Al – Baqillani
3. Imam Haramaen Al - Juwani
4. As – Sanusi
|
1. Tuhan dan Sifat – sifatnya.
Mencakup
sifat – sifat Azali, Qadim, dan berdiri atas zat Tuhan.
2. Keadilan Allah Swt.
3. Qadimnya Al – Quran.
4. Kebebasan dalam berkehendak
5. Akal dan wahyu
serta kriteria baik dan buruk.
|
5. Mu'tazilah
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
MU’TAZILAH
|
Aliran Mu’tazilah muncul di Basra, Irak pada
abad ke 2 H. Kelahirannya bermula dari tindakan Wasil bin Atha’ berpisah dari
gurunya Imam Hasan Al – Bashri karena perbedaan pendapat atas pelaku dosa
besar.
|
1. Wasil bin Atha’
2. Abu Huzail al – Allaf
3. An – Nazzam
4. Abu Ali Muhammad bin
Abd Wahab
|
1. Tauhid, menyakini sifat Allah dan
zat – Nya itu sendiri, Al – Qur’an adalah makhluk dan Allah di alam Akhirat
tidak akan pernah terlihat.
2. Keadilan-Nya. Aliran
Mu’tazilah berpendapat bahwa Allah Swt, akan memberikan imbalan
sesuai perbuatannya.
3. Janji dan Ancaman Allah
yang tidak pernah bohong.
4.Mukmin yang berdosa besar
statusnya berada diantara mukmin dan kafir.
5. Amar Ma’ruf
|
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
MATURIDIYAH
|
Aliran Maturidiyah lahir sebagai gerakan
yang menolak faham Mu’tazilah. Sehingga pada pertengahan kedua abad
kesembilan masehi lahirlah aliran Maturidiyah di Samarkand.
|
1. Muhammad Ibn Muh. Abu Mansur
Al – Maturidi
2. Bukhara Al – Bazdawi
3. Al – Bayadi
|
1. Kewajiban mengetahui
Tuhan, akal semata – mata sanggup mengetahui Tuhan.
2. Dosa yang dilakukan terus menerus
dapat menghabiskan keimanan seseorang
3. Akal dan Wahyu
4. Kekuasaan dan kehendak
Mutlak Tuhan
5. Manusia dapat melihat
Tuhan di akhirat kelak.
|
7. Qodariyah
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
QODARIYAH
|
Paham Qodiriyah disebarkan oleh Ma’bad al –
Juhani dan Ghailan al – Dimasqi sekitar tahun 70 H/689 pada masa pemerintahan
khalifah Abdul Malik bin Marwan.
|
1. Ma’bad al – Juhani
2. Ghailan Ad- Dimasyqi
|
1. Tingkah laku manusia
dilakukan hanya atas kehendaknya sendiri
2. Faham takdir dalam
pandangan Qodariyah bukan berarti manusia bertindak sesuai dengan nasib sejak
azali.
3. Tidak ada alasan yang
tepat untuk menyandarkan segala perbuatan kepada Tuhan.
|
8. Jabariyah
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
JABARIYAH
|
Paham Jabariyah lahir di Khurasan, Iran pada
paruh pertama abad ke-2 H yang dipelopori oleh Ja’ad bin Dirham.
|
1. Ja’ad bin Dirham
2. Jahm bin Dirham
3. Husain bin Muhammad al – Najjar
4. Dirar Ibn Amr
|
1. Manusia tidak mampu
berbuat apa – apa
2. Surga dan Neraka tidak
kekal
3. Definisi iman yaitu
ma’rifat atau membenarkan dalam hati
4. Kalam Tuhan adalah makhluk
5. Tuhan tidak dapat dilihat
di akhirat, kecuali Tuhan memindahkan potensi hati (Ma’rifat) pada manusia.
|
9. Inkarussunah
ALIRAN KEAGAMAAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH-TOKOH
|
DOKTRIN
|
INKARUSSUNAH
|
Inkarussunah lahir pada abad ke 2 H/7M
kemudian menetas kembali di India pada abad ke 19 M/13 H.
|
1. Taufiq Shidqi
2. Rasyad Khalifah
3. Ghulam Ahmad Parvez
4. Kasim Ahmad
5. Lukman Saad
|
1. Tidak percaya kepada semua
hadits Rasulullah
2. Dasar hukum Islam hanya
Al-Qur’an saja
3. Syahadat mereka Isyhadu
bi anna muslimin
4. Shalat mereka bermacam –
macam atau hanya sekedar ingat saja
5. Haji boleh dilakukan pada
4 bulan haram yaitu Muharram, Rajab, Zulqoidah dan Zulhijjah
6. Orang yang meninggal dunia
tidak di shalati karena tidak ada perintah dalam Al- Qur.an
7. Puasa wajib hanya bagi
orang yang melihat bulan saja.
|