ILMU KALAM: MATRIK DOKTRIN DAN TOKOH ALIRAN KEAGAMAAN

Oleh: Aninda Putri


ILMU KALAM: MATRIK DOKTRIN DAN TOKOH ALIRAN KEAGAMAAN

No
Nama Aliran
Tahun Muncul
Tokoh
Doktrin
1.
Khawarij
37H / 648 M
  1. Abdullah bin Wahab al-Rasyidi, pimpinan rombongan sewaktu mereka berkumpul di Harura (pimpinan Khawarij pertama)
  2. Urwah bin Hudair
  3. Mustarid bin sa’ad
  4. Hausarah al-Asadi
  5. Quraib bin Maruah
  6. Nafi’ bin al-azraq (pimpinan al-Azariqah)
  7. Abdullah bin Basyir
  8. Zubair bin Ali
  9. Qathari bin Fujaah
  10. Abd al-Rabih
  11. Abd al Karim bin ajrad
  12. Zaid bin Asfar
  13. Abdullah bin ibad
- Orang Islam yang melakukan Dosa besar adalah kafir; dan harus di bunuh
- Orang-orang yang terlibat dalam perang jamal (perang antara Aisyah, Talhah, dan zubair, dengan Ali bin abi Thalib) dan para pelaku tahkim (termasuk yang menerima dan mambenarkannya) di hukum kafir
- Khalifah harus dipilih langsung oleh rakyat
- Khalifah tidak harus keturunan Arab. Dengan demikian setiap orang muslim berhak menjadi Khalifah apabila suda memenuhi syarat-syarat.
-Khalifah di pilih secara permanen selama yang bersangkutan bersikap adil dan menjalankan syari’at islam, dan di jatuhi hukuman bunuh bila zhalim.
-Khalifah sebelum Ali adalah sah, tetapi setelah tahun ke tujuh dari masa kekhalifahannya Usman r.a dianggap telah menyeleweng,
-Khalifah Ali dianggap menyelewang setelah terjadi Tahkim (Arbitrase).
2.
Murji’ah
Abad pertama hijriyah
* Tokoh murji’ah Moderat: Hasan bin Muhammad bin Ali bin Abi Thalib, Abu Hanifah, Abu Yusuf dan beberapa ahli hadits (yang berpendapat bahwa bagaimanapun besarnya dosa seseorang, kemungkinan mendapat ampunan dari tuhan masih ada).
* Sedangkan yang ekstrem: kelompok Jahmiyah, pengikut Jaham bin Shafwan (berpendapat, sekalipun seseorang menyatakan dirinya musyrik, orang itu tidak dihukum kafir).
  1. Iman hanya membenarkan (pengakuan) di dalam Hati
  2. Orang islam yang melakukan dosa besar tidak dihukumkan kafir. Muslim tersebut tetap mukmin selama ia mengakui dua kalimat syahadat.
  3. Hukum terhadap perbuatan manusia di tangguhkan hingga hari kiamat
3.
Qadariyah
muncul sekitar tahun
70 H (689 M)
Tokoh utama Qadariyah ialah Ma’bad Al-Juhani dan Ghailan al Dimasyqi
(Kedua tokoh ini yang mempersoalkan tentang Qadar)
  1. Orang yang berdosa besar itu bukanlah kafir, dan bukanlahmukmin, tapi fasik dan orang fasikk itu masuk neraka secara kekal.
  2. Allah SWT. Tidak menciptakan amal perbuatan manusia, melainkan manusia lah yang menciptakannyadan karena itulah maka manusia akan menerima pembalasan baik (surga) atas segala amal baiknya, dan menerima balasan buruk (siksa Neraka) atas segala amal perbuatannya yang salah dan dosa karena itu pula, maka Allah berhak disebut adil.
  3. Kaum Qadariyah mengatakan bahwa Allah itu maha esa atau satu dalam ati bahwa Allah tidak memiliki sifat-sifat azali, seprti ilmu, Kudrat, hayat, mendengar dan melihat yang bukan dengan zat nya sendiri. Menurut mereka Allah SWT, itu mengetahui, berkuasa, hidup, mendengar, dan meilahat dengan zatnya sendiri.
  4. Kaum Qadariyah berpendapat bahwa akal manusia mampu mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, walaupun Allah tidak menurunkan agama. Sebab, katanya segala sesuatu ada yang memiliki sifat yang menyebabkan baik atau buruk.
4.
Jabariyah
125 H
* Tokoh Jabariyah yang ekstrem: Jaham bin Shafwan
* Tokoh Jabariyah yang moderat: Husain Bin Muhammad al.Najjar dan Dirar Ibn ‘Amr.
1.     Pahala dan siksa merupakan paksaan dalam arti bahwa allah telah mentakdirkan seseorang itu baik sekaligus memberi pahala dan Allah telah mentakdirkan seseorang itu berdosa sekaligus juga menyiksanya.
2.     manusia tidak hanya bagaikan wayang di gerakkan oleh dalang, tetapi manusia dan Tuhan terdapat kerja sama dalam mewujudkan suatu perbuatan, dan manusia tidak semata-mata di paksa dalam melaksanakan perbuatannya.
5.
Mu’tazilah
Kurang lebih
120 H
  1. Washil bin Atha’
  2. Abu Huzail al-Allaf
  3. Al Nazzam
  4. Al-Jubba’i

  1. al Tauhid (keesaan Allah)
  2. al ‘Adl (keadlilan tuhan)
  3. al Wa’d wa al wa’id (janji dan ancaman)
  4. al Manzilah bain al Manzilatain (posisi diantara posisi)
  5. amar ma’ruf dan Nahi mungkar
6.
Ahlussunah Wal – Jamaah
Sudah ada dan telah dipakai sejak zaman Rasulullah SAW
Abu al hasan al Asy’ari dan Abu Mansur al Maturidi
  • Sifat-sifat Tuhan. Menurutnya, Tuhan memiliki sifat sebagaiman di sebut di dalam Alqur’an, yang di sebut sebagai sifat-sifat yang azali, Qadim, dan berdiri diatas zat tuhan. Sifat-sifat itu bukanlah zat tuhan dan bukan pula lain dari zatnya.
  • Al-Qur’an, Manurutnya, al-Quran adalah qadim dan bukan makhluk diciptakan.
  • Melihat Tuhan, menurutnya, Tuhan dapat dilihat dengan mata oleh manusia di akhirat nanti.
  • Perbuatan Manusia. Menurutnya, perbuatan manusia di ciptakan tuhan, bukan di ciptakan oleh manusia itu sendiri.
  • Antrophomorphisme
  • Keadlian Tuhan, Menurutnya, tuhan tidak mempunyai kewajiban apapun untuk menentukan tempat manusia di akhirat. Sebab semua itu marupakan kehendak mutlak tuhan sebab tuhan maha kuasa atas segalanya.
  • Muslim yang berbuat dosa. Menurutnya, yang berbuat dosa dan tidak sempat bertobat diakhir hidupnya tidaklah kafir dan tetap mukmin.
7.
Syi’ah
1903-1981 M
Abu Dzar al Ghiffari, Miqad bin Al aswad dan Ammar bin Yasir
Kaum Syi’ah memiliki lima prinsip utama yang wajib di percayai oleh penganutnya:
- al Tauhid         - al Imamah
- al ‘adl              - al ma’ad
- al Nubuwwah
8.
Salafiyah
sebelum tahun 300 hijriah
Ahmad bin Hambal, Ibnu Taimiyah, Imam Muhammad bin Abdul Wahab.
*Abad ke 20 M (gerakan ini muncul dengan dimensi baru) Tokoh-tokohnya: Jamaluddin al Afgani, Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha
  1. Keyakinan bahwa kemajuan dan kejayaan umat Islam hanya mungkin di wujudkan jika mereka kembali kepada ajaran Islam yang masih murni dan kembali pada ajaran Islam yang masih murni, dan meneladani pokok hidup sahabat Nabi. Komponen pertama ini merupakan satu unsur yang di miliki oleh salafiyah sebelumnya.
  2. perlwanan terhadap kolonialisme dan mominasi barat, baik politik, ekonomi, maupun kebudayaan.
  3. pengakuan terhadap keunggulan barat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
logoblog
Previous
« Prev Post