Oleh: Danang Firstya Adji
TEOLOGI ISLAM: ANTARA DOKTRIN SALAF DAN MODERAT
NAMA ALIRAN
|
TAHUN MUNCUL
|
TOKOH
|
DOKTRIN
|
KHAWARIJ
|
Suatu sekte atau kelompok dari pengikut Ali Bin Abi
Thalib yang keluar dan meninggalkan barisan karena ketidaksepakatan terhadap
keputusan Ali yang menerima arbitrase (tahkim) dalam perang Shiffin pada
tahun 37/648 M.
|
-Urwah bin Hudair
-Mustarid bin Sa’ad
-Hausarah al-Asadi
-Quraib bin Maruah
-Nafi bin al-Azraq
-Abdullah bin Basyir
|
1. khalifah atau imam harus dipilih secara bebas oleh
seluruh umat islam.
2. khalifah tidak harus dari keturunan bangsa Arab.
3. khalifa dipilih secara permanen apabila yang
bersangkutan adil dan menjalankan syariat islam.
4. khalifah sebelum Ali dianggap sah, tetapi
kekhalifahan setelah utsman dianggap menyeleweng.
5. seorang yang berdosa besar tidak lagu disebut muslim
dan bisa disebut kafir, sehingga harus dibunuh.
|
SYIAH
|
Syiah muncul pada akhir pemerintahan Utsman bin Affan,
kemudian tumbuh dan berkembang pada masa Ali bin Abi Thalib yakni tahun 37 H.
|
-Ali bin Abi Thalib
-Hasan bin Ali
-Husein bin Ali
-M. Zainal bin Husein
-M. Ali Baqir bin Ali Zainal
-Ja’far Shaddiq bin M. Ali Baqir
-Musa Al-Khazim bin Ja’far Shaddiq
|
1. Ahlul Bait, yang berarti kerabat dan keturuna Nabi
Muhammad SAW.
2. Al- Bada’, yaitu keyakinan bahwa Allah SWT mampu
mengubah keputusan yang ada dengan keputusan yang baru.
3. Asy-Syuro, menganggap bulan Muharram sebagai bulan
berkabung atas meninggalnya imam Husein di Karbala.
4. Mahdawiyah, menyakini akan datangnya imam mahdi di
akhir zaman.
5. Taqiyah, menyembunyikan identitas demi keselamatan
hidupnya.
6. Imamiyah, keyakinan adanya penerus risalah kenabian
oleh para imam.
|
MURJI’AH
|
Aliran ini muncul pada permulaan abad ke 1 H. Yang
dimana kelompok ini bertentangan dengan dengan Khawarij mengenai dosa
besar/kafir.
|
-Hasan bin Bilal Muzni
-Abu Sallat Samman
-Dirar bin Umar
|
1. pengakuan iman cukup didalam hati. Jadi pengikut
golongan ini tak dituntut membuktikan keimanan dalam perbuatan sehari-hari.
2. selama meyakini 2 kalimah syahadat, seorang muslim
yang melakukan dosa besar tak dihukum kafir.
|
QODARIYAH
|
Paham Qodariyah disebarkan oleh Ma’bad al-Juhani dan
Ghilan ad-Dimasyqi sekitar tahun 70 H/689 M.
|
-Ma’bad al-Juhani
-Ghailan ad-Dimasyqi
|
1. orang yang berdosa besar besar itu bukanlah kafir
dan bukan mukmin, tetapi fasik dan orang fasik itu masuk neraka secara kekal.
2. Allah SWT tidak menciptakan amal manusia tetapi
manusia sendiri yang menciptakan amalnya dan akan menerima balasan sesuai
amalnya.
3. kaum Qadariyah mengatakan bahwa Allah SWT itu Maha
Esa atau satu dalam arti bahwa Allah SWT tidak memiliki sifat-sifat azali
seperti al-ilm, al-hayat, mendengar, dan melihat yang bukan dengan dzat-Nya
sendiri.
4. meyakini bahwa akal manusia mampu mengetahui mana
yang baik dan mana yang buruk.
|
MU’TAZILAH
|
Muncul di Basra, Irak. Pada abad 2 H.
|
-Wasil bin Atha’
-Abu Huzail al-Allaf
-An-Nazzam
-Abu Ali Muhammad bin Abdul Wahab
|
1. Tauhid
2. Keadilan-Nya, percaya bahwa Allah SWT akan memberi
imbalan pada manusia sesuai perbuatannya.
3. Janji dan ancaman. Mereka percaya Allah tidak ingkar
janji.
4. Posisi di antara 2 posisi. Bahwa orang yang bedosa
besar berada diantara orang mukmin dan kafir.
5. Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar
|
MATURIDIYAH
|
Muncul pada abad 1 H
|
-Muhammad Ibn Muhammad Abu Mansur Al-Maturidi
-Bukhara Al-Bazdawi
-Al-Bayadi
|
1. Mengenai sifat-sifat Allah SWT. Baginya Tuhan
memiliki sifat-sifat.
2. Melihat Allah SWT. Pada hari kiamat manusia akan
berjumpa atau melihat Allah SWT.( Bagi orang-orang yang beriman)
3. Pelaku dosa besar. Orang mukmin yang berdosa besar
menyerahkan persoalan mereka kepada Allah SWT.
|
ASYARIYAH
|
Muncul sekitar tahun 300 H. Al-Asyari keluar dari
golongan mu’tazilah dan membentuk aliran teologi yang dikenal dengan namanya
sendiri.
|
-Al-Gazhali
-Al-Imam Fakhrurrazi
-Abu Ishaq al-Isfirayini
-Al-Qadhi Abu Bakar Al-Baqilani
-Abu Ishaq Asy-Syirazi
|
1. sifat-sifat Tuhan. Tuhan memiliki sifat yang seperti
disebutkan dalam Al-Quran.
2. Al-Quran
3. Melihat Tuhan. Percaya bahwa Tuhan akan bisa dilihat
dengan mata sendiri di Akhirat nanti
4. Perbuatan manusia. Perbuatan manusia diciptakan oleh
Tuhan bukan dari manusia sendiri.
5. Keadilan Tuhan
6. Muslim yang berbuat dosa besar bukanlah disebut
kafir.
|
JABARIYAH
|
Muncul pada abad ke 2 di Khurasan
|
-Jahm bin Shafwan
-Al-Ja’ad bin Dirham
-Husain bin Muhammad al-Najjar
-Dirar bin ‘Amr
|
A. Aliran Ekstrem
1. Manusia
tidak mampu untuk berbuat apa-apa.
2. surga dan
neraka tidak kekal. Yang kekal hanyalah Allah SWT
3. Iman adalah
makrifat atau membenarkan dengan Hati.
4. kalam Tuhan
adalah Mahkluk.
5. Allah SWT
tidak memiliki keserupaan dengan manusia.
6. Allah SWT
tidak bisa dilihat dengan mata ketika di Akhirat.
B. Aliran Moderat
1. Tuhan
menciptakan berbuatan manusia baik positif maupun negatif tetapi manusia juga
terlibat didalamnya.
2. manusia
tidak dipaksa dan tidak pula menjadi pencipta perbuatan, tetapi manusia
memperoleh perbuatan yang diciptakan oleh Tuhan.
3. Tuhan tidak
bisa dilihat di akhirat nanti.
|