REVIEW BUKU SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

Oleh : Novi Ulfah Nihayah
REVIEW BUKU SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM

Nama Penulis     : Dra. Zuhairini
Judul Buku         : Sejarah Pendidikan Islam
Penerbit              : PT Bumi Aksara
Tahun Terbit      : 2015
Jumlah Halaman: 253
Nomor ISBN     : 979-526-086- 3


Sebuah buku yang berjudul Sejarah Pendidikan Islam ini merupakan karya dari Zuhairini yang di dalamnya berisi pengertian sejarah pendidikan Islam, objek dan metode sejarah pendidikan Islam, kegunaan sejarah pendidikan sejarah Islam, periodisasi sejarah pendidikan Islam.
Pengertian sejarah pendidikan Islam. Kata sejarah dalam bahasa arab disebut tarikh yang menurut bahasa berarti ketentuan masa. Sedang menurut istilah berarti keterangan yang telah terjadi dikalanganya pada masa yang telah lampau atau masa yang masih ada. Kata tarikh juga dipakai dalam arti perhitungan tahun, seperti keterangan mengenai tahun sebelum atau sesudah masehi dipakai sebutan sebelum atau sesudah tarikh masehi. Kemudian sebagai cabang ilmu pengetahuan sejarah mengungkap peristiwa-peristiwa masa silam, baik peristiwa sosial, politik, ekonomi maupun agama dan budaya dari suatu bangsa, bangsa, dan negara. Pokok persoalan sejarah senantiasa akan sarat dengan pengalaman-pengalaman penting yang menyangkut perkembangan keseluruhan keadaan masyarakat. Oleh karena itu menurut Sayid Quthub sejarah bukanlah peristiwa-peristiwa, melainkan tafsiran peristiwa-peristiwa itu, dan pengertian mengenai hubungan-hubungan nyata dan tidak nyata yang menjalin seluruh bagian serta memberinya dinamisme dalam waktu dan tempat. Berangkat dari pengertian sejarah sebagaimana yang dikemukakan di atas maka dapat dirumuskan pengertian tentang sejarah pendidikan Islam sebagai berikut :
1.     Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu yang lain, sejak lahirnya Islam sampaui dengan masa sekarang.
2. Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam, baik dari segi ide dan konsepsi gmaupun segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai sekarang.
Obyek dan metode sejarah pendidikan Islam. Sejarah biasanya ditulis dan dikaji dari sudut pandangan suatu fakta atau kejadiaan tentang peradaban bangsa. Maka objek sejarah pendidikan Islam mencangkup fakta-fakta yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam baik informal, formal maupun non formal. Dengan demikian akan diperoleh apa yang disebut sejarah serba obyek. Mengenai metode sejarah pendidukan Islam, walaupun terdapat hal-hal yang sifatnya khusus, akan tetapi berlaku kaidah-kaidah yang ada dalam penulisan sejarah. Akan tetapi, memgigat bahwa objek sejarah pendidikan Islam syarat-syarat dengan nilai-nilai agamawi,filsofi, psikologi dan sosiologi, maka perlu menempatkan obyek sasaranya itu secara utuh, menyeluruh dan mendasar. Sesui dengan sifat dan sikap itu, maka metode yang harus ditempuh pertama-tama deskriptif, kemudian kompratif dan ketiga analisis-sitensis tanpa menyingkirkan nilai agamawi tadi. Dengan cara deskriptif di maksudkan bahwa ajaran-ajaran Islam, sebagai agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW dalam Qur’an Hadist terutama yang berhubungan dengan pengertian pendidikan, harus diuraikan sebagaimana adanya, dengan maksud untuk memahami makna yang terkandung dalam ajaran tersebut.
Kegunaan sejarah pendidikan Islam, secara umum sejarah mengandung kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia. Karena sejarah menyimpan mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan nilai-nilai baru bagi pertimbuhan serta perkembangan kehidupam umat manusia. Sumber utama ajaran Islam (Al- Qur’an) mengadung cukup banyak nilai-nilai kesejahteraan, yang langsung atau tidak langsung mengandung makna yang besar, pelajaran yang sangat tinggi dan pimpinan utama, khususnya umat Islam. Kegunaan sejarah pendidikan Islam meliputi dua aspek, yaitu kegunaan bersifat umum dan kegunaan yang akademis. Yang bersifat umum, sejarah pendidikan Islam mempunyai kegunaan sebagai faktor keteladanan. Secara global bahwa proses sejarah pendidikan Islam pada hakikatnya merupakan manifestasi dari pada pemikiran mereka tentang konsepsi Islam di bidang pendidikan, baik teoritik maupun pelaksanaanya (masa Nabi dan seterusnya). Yang bersifat akademis, kegunaan sejarah pendidikan Islam selain memberikan perbendaraan perkembangan ilmu pengetahuan (teori dan praktek). Selain itu sejarah pendidikan Islam akan mempuyaai kegunaan dalam rangka pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam. Dalam hal ini, sejarah pendidikan Islam akan memberikan arah kemajuan yang pernah dialami dan dinamismenya sehingga pembagunan dan pengembangunan itu tetap berada dalam kerangka pandangan yang utuh dan mendasar. Periodisasi sejarah pendidikan Islam. Sejarah pendidikan Islam pada hakikatnya  tidak terlepas dari sejarah Islam.Oleh sebab itu periodisasi sejarah pendidikan Islam dapat dikatakan berada dalam periode-periode sejarah Islam itu sendiri.

Kelebihan dan Kelemahan
Buku ini sangatlah membantu bagi pelajar maupun mahasiswa yang ingin mengetahui sejarah pendidikan Islam. Bukunya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis jadi tidak kesulitan untuk membawa kemana-mana. Bahasanya mudah dipahami, dan akhirnya mudah diserap juga oleh pembacanya. Buku ini sangat membantu khususnya untuk mahasiswa tarbiyah untuk memenuhi tugas mereka. Sedangkan kelemahanya pada bagian cover buku tersebut kurang menarik, edangkan kelemahanya pada bagian cover buku tersebut kurang menarik. Buku ini tidak dilengkapi dengan indeks sehingga, pembaca tidak dimudahkan dalam mencari sebuah kata baru atau jarang muncul untuk mengetahui apa arti yang sesungguhnya.

Analisis Penulis
Dengan saya membaca buku ini, menjadikan sadar akan sejarah itu sangatlah penting dan layak dibaca, karena sangat terperinci. Isinya tentang sejarah yang dari masa lampau sampai sekarang, karena dengan sejarah kita jadi mengetahui bagaimana sejarah pendidikan Islam pada masa lampau tujuanya agar bisa mengembangkan pendidikan dari pada masa lampau menjadi lebih baik lagi untuk di masa sekarang ini.
logoblog
Previous
« Prev Post