Oleh : Novi Ulfah Nihayah
REVIEW BUKU SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Nama Penulis : Dra. Zuhairini
Judul Buku : Sejarah Pendidikan Islam
Penerbit : PT Bumi Aksara
Tahun Terbit : 2015
Jumlah Halaman: 253
Nomor ISBN : 979-526-086- 3
Sebuah
buku yang berjudul Sejarah Pendidikan Islam ini merupakan karya dari Zuhairini
yang di dalamnya berisi pengertian sejarah pendidikan Islam, objek dan metode
sejarah pendidikan Islam, kegunaan sejarah pendidikan sejarah Islam,
periodisasi sejarah pendidikan Islam.
Pengertian sejarah pendidikan Islam. Kata sejarah dalam bahasa arab
disebut tarikh yang menurut bahasa berarti ketentuan masa. Sedang
menurut istilah berarti keterangan yang telah terjadi dikalanganya pada masa
yang telah lampau atau masa yang masih ada. Kata tarikh juga dipakai dalam arti
perhitungan tahun, seperti keterangan mengenai tahun sebelum atau sesudah
masehi dipakai sebutan sebelum atau sesudah tarikh masehi. Kemudian sebagai
cabang ilmu pengetahuan sejarah mengungkap peristiwa-peristiwa masa silam, baik
peristiwa sosial, politik, ekonomi maupun agama dan budaya dari suatu bangsa,
bangsa, dan negara. Pokok persoalan sejarah senantiasa akan sarat dengan pengalaman-pengalaman
penting yang menyangkut perkembangan keseluruhan keadaan masyarakat. Oleh
karena itu menurut Sayid Quthub sejarah bukanlah peristiwa-peristiwa, melainkan
tafsiran peristiwa-peristiwa itu, dan pengertian mengenai hubungan-hubungan
nyata dan tidak nyata yang menjalin seluruh bagian serta memberinya dinamisme
dalam waktu dan tempat. Berangkat dari pengertian sejarah sebagaimana yang
dikemukakan di atas maka dapat dirumuskan pengertian tentang sejarah pendidikan
Islam sebagai berikut :
1.
Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam
dari waktu ke waktu yang lain, sejak lahirnya Islam sampaui dengan masa
sekarang.
2. Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan
perkembangan pendidikan Islam, baik dari segi ide dan konsepsi gmaupun segi
institusi dan operasionalisasi sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai sekarang.
Obyek dan metode sejarah pendidikan Islam. Sejarah biasanya ditulis
dan dikaji dari sudut pandangan suatu fakta atau kejadiaan tentang peradaban
bangsa. Maka objek sejarah pendidikan Islam mencangkup fakta-fakta yang
berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam baik informal,
formal maupun non formal. Dengan demikian akan diperoleh apa yang disebut
sejarah serba obyek. Mengenai metode sejarah pendidukan Islam, walaupun
terdapat hal-hal yang sifatnya khusus, akan tetapi berlaku kaidah-kaidah yang
ada dalam penulisan sejarah. Akan tetapi, memgigat bahwa objek sejarah
pendidikan Islam syarat-syarat dengan nilai-nilai agamawi,filsofi, psikologi
dan sosiologi, maka perlu menempatkan obyek sasaranya itu secara utuh,
menyeluruh dan mendasar. Sesui dengan sifat dan sikap itu, maka metode yang
harus ditempuh pertama-tama deskriptif, kemudian kompratif dan ketiga
analisis-sitensis tanpa menyingkirkan nilai agamawi tadi. Dengan cara
deskriptif di maksudkan bahwa ajaran-ajaran Islam, sebagai agama yang dibawa oleh
Rasulullah SAW dalam Qur’an Hadist terutama yang berhubungan dengan pengertian
pendidikan, harus diuraikan sebagaimana adanya, dengan maksud untuk memahami
makna yang terkandung dalam ajaran tersebut.
Kegunaan sejarah pendidikan Islam, secara umum sejarah mengandung
kegunaan yang sangat besar bagi kehidupan umat manusia. Karena sejarah
menyimpan mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan
nilai-nilai baru bagi pertimbuhan serta perkembangan kehidupam umat manusia.
Sumber utama ajaran Islam (Al- Qur’an) mengadung cukup banyak nilai-nilai
kesejahteraan, yang langsung atau tidak langsung mengandung makna yang besar,
pelajaran yang sangat tinggi dan pimpinan utama, khususnya umat Islam. Kegunaan
sejarah pendidikan Islam meliputi dua aspek, yaitu kegunaan bersifat umum dan
kegunaan yang akademis. Yang bersifat umum, sejarah pendidikan Islam mempunyai
kegunaan sebagai faktor keteladanan. Secara global bahwa proses sejarah
pendidikan Islam pada hakikatnya merupakan manifestasi dari pada pemikiran
mereka tentang konsepsi Islam di bidang pendidikan, baik teoritik maupun
pelaksanaanya (masa Nabi dan seterusnya). Yang bersifat akademis, kegunaan sejarah
pendidikan Islam selain memberikan perbendaraan perkembangan ilmu pengetahuan
(teori dan praktek). Selain itu sejarah pendidikan Islam akan mempuyaai
kegunaan dalam rangka pembangunan dan pengembangan pendidikan Islam. Dalam hal
ini, sejarah pendidikan Islam akan memberikan arah kemajuan yang pernah dialami
dan dinamismenya sehingga pembagunan dan pengembangunan itu tetap berada dalam
kerangka pandangan yang utuh dan mendasar. Periodisasi sejarah pendidikan Islam.
Sejarah pendidikan Islam pada hakikatnya tidak terlepas dari sejarah Islam.Oleh sebab
itu periodisasi sejarah pendidikan Islam dapat dikatakan berada dalam
periode-periode sejarah Islam itu sendiri.
Kelebihan dan Kelemahan
Buku ini
sangatlah membantu bagi pelajar maupun mahasiswa yang ingin mengetahui sejarah
pendidikan Islam. Bukunya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis jadi
tidak kesulitan untuk membawa kemana-mana. Bahasanya mudah dipahami, dan
akhirnya mudah diserap juga oleh pembacanya. Buku ini sangat membantu khususnya
untuk mahasiswa tarbiyah untuk memenuhi tugas mereka. Sedangkan kelemahanya
pada bagian cover buku tersebut kurang menarik, edangkan kelemahanya pada
bagian cover buku tersebut kurang menarik. Buku ini tidak dilengkapi dengan
indeks sehingga, pembaca tidak dimudahkan dalam mencari sebuah kata baru atau
jarang muncul untuk mengetahui apa arti yang sesungguhnya.
Analisis Penulis
Dengan saya
membaca buku ini, menjadikan sadar akan sejarah itu sangatlah penting dan layak
dibaca, karena sangat terperinci. Isinya tentang sejarah yang dari masa lampau
sampai sekarang, karena dengan sejarah kita jadi mengetahui bagaimana sejarah
pendidikan Islam pada masa lampau tujuanya agar bisa mengembangkan pendidikan
dari pada masa lampau menjadi lebih baik lagi untuk di masa sekarang ini.