Oleh: Hanna Istighna
REVIEW BUKU SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM
Resensi Buku
Judul Buku :
Sejarah Pendidikan Islam
Penulis :
Muhamad Tisna Nugraha
Penerbit :
Diandra Kreatif
Cetakan :
I, Februari 2019
Tebal Buku :
188 halaman
ISBN : 978-602-336-895-2
Muhamad Tisna Nugraha penulis buku Sejarah Pendidikan Islam, lahir
di Pontianak pada tanggal 08 November 1985. Ia merupakan putera bungsu dari dua
bersaudara, ayahnya bernama H. Utoyo Haryoto dan ibunya bernama Hj. Samura.
Beliau adalah seorang dosen di Institut Agama Islam Negri Pontianak (IAIN),
peneliti, dan penulis. Buku Sejarah Pendidikan Islam adalah uraian sistematis
atas segala peristiwa terkait kemajuan peradaban Islam di masa lampau. Dalam
mempelajari sejarah yang ditawarkan melalui buku ini, seyogyanya pembaca dapat
terlebih dahulu membacanya secara komprehensif, menganalisis pemikiran melalui
fakta-fakta dengan cermat secara metodis dan pedagogis, sehingga diharapkan akan
diperoleh benang merah hubungan antara sejarah dan pendidikan Islam.
Buku Sejarah Pendidikan Islam karya
Muhamad Tisna Nugraha ini terbagi menjadi Sembilan bab, yang dimana seluruhnya
membahas sejarah pendidikan Islam itu sendiri dari kalsik hingga modern. Pada
bab pertama dalam buku ini membahas tentang “Pengantar Ilmu Sejarah Pendidikan
Islam” yang terdiri atas pengertian dan ruang lingkup sejarah, metode dan
penulisan sejarah, sejarah pendidikan Islam, dan tematik sejarah pendidikan
Islam. Pada pembahasan ini sejarah pendidikan Islam yang lazim disebut sebagai Tarikhut Tarbiyah Islamiyah, dapat
diartikan ilmu yang mempelajari suatu peristiwa unik di masa lampau mengenai
dinamika perkembangan pendidikan Islam. Tidak hanya berkaitan dengan
cabang-cabang disiplin ilmu sejarah, melainkan juga pertumbuhan dan
perkembangan keilmuan Islam yang berkaitan dengan institusi, pemikiran dan
penemuan-penemuannya. Termasuk kurikulum (manhaj)
dan sistem pendidikan yang berlaku dalam proses pendidikan Islam di masa lampau.
Adapun tematik sejarah pendidikan Islam pada dasarnya terbagi ke dalam tiga
periode, yaitu periode klasik, pertengahan, dan modern. Namun dalam tulisan ini,
pembagian waktu juga mengurut pada pengelompokan tempat, pemerintah yang
berkuasa, sistem pendidikan dan kontribusinya pada peradaban Islam hingga abad
modern.
Pada bab II, menjelaskan tentang diutusnya
Rasulullah saw. sebagai penutup para nabi pembawa risalah kebenaran. Dalam bab
ini juga dijelaskan bagaimana kondisi bangsa Arab pra-Islam sampai awal fase
Islam, tentang biografi dari Nabi Muhammad saw, serta bagaimana metode
pendidikan Islam di masa Rasulullah diantaranya dengan metode qira’ah (membaca), kitabah (menulis), imla’(dikte),
muroja’ah (hafalan), as-sama’ (ceramah), istima’ (menyimak), dan terakhir metode suri tauladan (akhlak yang
terdapat pada diri Rasulullah saw merupakan kesempurnaan akhlak yang ada pada
diri manusia). Pendidikan Islam tidak hanya sebatas mendidik dalam proses
belajar-mengajar, maupun jenis kelembagaan. Lebih dari itu, pendidikan Islam
lebih menekankan suatu iklim pendidikan yang kondusif (education amospehere), yaitu suasana pendidikan yang islami, yang
memberi nafas keislaman pada semua elemen sistem pendidikan yang ada. Pada
periode Makkah kegiatan pendidikan tidak hanya terkonsentrasi di wilayah
Makkah, Rasulullah saw. telah mengutus beberapa sahabatnya untuk mengajari
masyarakat yang berada di luar wilayah Makkah untuk mendapat petunjuk
kebahagiaan di dunia dan di akhirat dengan memeluk Islam. Metode pembelajaran yang
diterapkan oleh Rasulullah saw. ketika berada di Makkah, berbeda dengan ketika
ia berada di Madinah. Pada periode Makkah Rasulullah saw hanya membuat
kelompok-kelompok belajar yang diselenggarakan secara sembunyi-sembunyi.
Sedangkan pada periode Madinah, Rasulullah saw. lebih menekankan metode hafalan
sebagai metode kedua dalam mempelajari kandungan ayat-ayat dan ilmu Al-Qur’an.
Pada bab-bab selanjutnya, buku ini
memaparkan perkembangan pesat pendidikan Islam hingga masa modern. Warisan ilmu
pada masa Daulah Abbasiyah yang dimana pada masa ini Islam mengalami puncak
kejayaan. Kehadiran daulah ini memberikan angin segar terhadap kemajuan
berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ditengah gelapnya peradaban
Asia, Afrika, dan Eropa. Bahkan jauh sebelum lahirnya renaissance, Hanya Islam sebagai agama yamg mampu mengawinkan
teknologi dan iman sehingga menghasilkan peradaban baru demi kemaslahatan umat
manusia. Peradaban Islam telah menjadi inspirasi bagi perkembangan disiplin
ilmu. Di dalam buku ini dijelaskan bagaimana bukti peradaban sebuah pendidikan
Islam yang maju sehingga melahirkan tokoh-tokoh intelektual.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan:
Buku ini tersusun secara sangat sistematis sehingga memudahkan pembaca memahami
rentetan sejarah pendidikan Islam dengan baik, pokok pembahasan yang sangat
serius namun tetap terasa ringan untuk dibaca sehingga tidak membutuhakn waktu
yang lama dalam menyelesaikan bacaan buku ini, buku ini juga disertai dengan
sumber-sumber referensi yang sangat autentik, serta banyaknya pelajaran yang
dapat diambil oleh pembaca untuk masa depan pendidikan Islam yang lebih baik.
Kekurangan:
Buku ini memiliki sedikit kekurangan yaitu terletak pada pilihan diksi yang
kurang tepat dalam beberapa kalimat, dan juga banyak pengulangan ulasan dalam
beberapa bagian.
Analisis Penulis
Dengan adanya buku
ini, dapat memberikan pengaruh yang sangat besar khususnya kaum mileneal akan
pentingnya pendidikan Islam di era modern ini. Dengan mempelajarinya akan
menolong kita (pembaca) dalam menemukan hubungan antara Islam dan Ilmu
pengetahuan. Sejarah Pendidikan Islam juga akan menolong kita melihat bahwa
banyak pemikiran pendagogis dari masa lampau yang kita anggap usang sebenarnya
tidak kalah relevannya dengan pemikiran yang mutakhir. Dengan membaca buku ini,
akan menambah wawasan lebih terkait sejarah pendidikan Islam hingga menelusuri
jejak-jejak pengaruh masa lampau terhadap pemikiran yang kita anggap orisinil.
Dari sini rendah atau luhurnya suatu kebudayaan tergantung dari rendah atau luhurnya
pandangan kebudayaan yang bersangkutan terhadap pendidikan islam. Semoga banyak
pembaca yang menyukai buku ini karya Muhamad Tisna Nugraha sangat bermanfaat.