Oleh: Maulida Shafrina Aufarulia
STRATEGI GUIDED TEACHING
Pengertian Strategi Guided Teaching
Pembelajaran Guided Teaching adalah pembelajaran yang diawali dengan beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru kepada siswa. Guru menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai beberapa kemungkinan jawaban. Tujuan pertanyaan guru yang diajukan kepada siswa bukanlah semata-mata untuk memperoleh jawaban, dengan kata lain bahwa apapun jawaban yang diberikan siswa bukanlah prioritas utama agar siswa menjawab dengan benar, kemudian guru menjastifikasi jawaban itu dengan perkataan “benar” atau “salah”. Yang terpenting dalam penggunaan strategi ini adalah sejauh mana guru dapat menghargai usaha siswa melalui jawaban-jawaban yang diberikan, serta dijadikan sebagai fasilitas bagi guru untuk mengasah keterampilan berfikir dalam tingkatan yang lebih tinggi.
Dengan demikian model pembelajaran guided teaching merupakan rangkaian penyampaian materi ajar yang diawali dari suatu pertanyaan yang dijadikan dasar menyampaikan materi berikutnya, dalam hal ini siswa dituntut untuk mencari (aktif) bukan hanya sekedar menerima (reaktif).
Langkah-langkah pembelajaran Guided Teaching
Langkah-langkaynya sebagai berikut:
- Guru mengajukan satu atau beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemikiran dan pemahaman yang dimiliki oleh siswa:
- Mendorong siswa untuk berfikir memecahkan suatu masalah
- Membangkitkan pengertian lama maupun baru
- Menyelidiki dan menilai penguasaan siswa tentang bahan pelajaran
- Membangkitkan minat siswa tentang materi tertentu sehingga timbul keinginan untuk mempelajarinya
- Membantu anak menginterpretasi dan megorganisasi pengetahuan serta pengalaman
- Menunjukkan kepada siswa poin-poin dalam pembelajaran
- Meningkatkan kepercayaan siswa
- Menarik perhatian anak atau kelas
- Guru memberikan kesempatan beberapa saat kepada siswa untuk dapat memikirkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan pada tahap ini guru memberikan keluasan kepada siswa untuk menjawab secara berpasangan atau berkelompok
- Guru meminta siswa untuk menyampaikan hasil jawaban serta mencatat jawaban-jawaban yang mereka sampaikan. Apabila memungkinkan catat jawaban-jawaban tersebut kemudian dikelompokkan dalam kategorinya masing-masing secara terpisah yang akan dijadikan sebagai bahan dalam pembelajaran
- Guru menyajikan poin-poin pembelajaran yang akan disampaikan serta meminta siswa untuk menjelaskan kesesuaian jawaban dengan poin-poin pokok pembelajaran. Pada tahap ini guru hendaknya mencatat gagasan atau pint yang dapat memperluas pokok bahasan dalam pembelajaran.
- Buatlah kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang akan di lalui
- penutup
Kelebihan Strategi Pembelajaran Guided Teaching
- Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebab pembelajaran diawali dengan beberapa pertanyaan
- Melatih siswa berfikir untuk menjawab pertanyaan secara benar
- Dapat meningkatkan kerjasama siswa, karena dalam belajar dibentuk kelompok-kelompok kecil
Kekurangan Strategi Pembelajaran Guided Teaching
- Kadang-kadang terjadi kelarutan dalam pertanyaan sehingga materi yang akan diajarkan kurang tersampaikan dengan baik
- Lebih mengutamakan pembandingan dari materi daripada penyampaian pesan materi yang akan disampaikan
SETIAP ORANG ADALAH GURU
(Everyone Is a Teacher Here)
Oleh: Asriyani Machfiroh
Pengertian Everyone Is a Teacher Here
Menurut Undang-Undang No.14 tahun 2005, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilau, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini jalur pendidikan formal, pendidikandasar, dan pendidikan menengah.
Tanggung jawab mendidik tidak hanya di pundak seorang guru. Seetiap individu punya peran untuk membekali anak-anak Indonesia dengan pemblajaran berkualitas sehingga mereka bisa memperbaiki kehidupanya kelak. Guru yang sering dikatakan dengan akronim “digugu lan ditiru” (orang yang dipercaya dan diikuti), bukan hanya bertanggung jawab mengajar mata pelajaran yang enjadi tugasnya melainkan lebih dari itu yaitu mendidik moral, etika, intergritas dan karakter. Dalam hal pendidkan moral dan karakter, tentu semua orang, meskipun bukan berprofesi sebagai guru, bisa berkontribusi atau menjadi teladan yang baik bagi lingkunganya. Ia bisa membagikan nilai-nilai penting dalam mengembangkan karakter anak didik, dan bahkan ini bisa melengkapi pemblajaran yang kadang tidak diberikan dalam sekolah formal.
Langkah-Langkah Strategi Pembelajaran
Everyone Is a Teacher Here
Dengan adanya strategi ini, siswa yang selama ini tidak mau terlibat akan ikut serta dan lebih aktif dalam proses pemblajaran. Menurut Silberman strategi pemblajaran everyone is ateacher here adalah ebuah strategi yang mudah guna memperoleh partisipasi kelas yang besar dan tanggung jawab individu. Dalam proses belajar mengajar tidak harus semua dari guru siswa hany duduk terpagu dan mendengarkan ceramah dari guru, akan tetapi siswa bisa saling mengajar terhadap kawan-kawanya.
Pada strategi ini siswa dapat berperan sebagai guru bagi kawn-kawanya. Jadi dapat disimpulkan bahwasanya stratege everyone is a teacher here adaalah cara untuk mendapatkan partisipasi atau meningkatkan aktivitas dala proses pemblajaran.
Adapun langkah-langkah strategi pemblajaran everyone is a teacher here yang dijelaskan oleh Hisyam Zaini, adalah sebagai berikut:
- Bagikan secarik kertas atau kartu indeks kepada seluruh siswa. Mintalah mereka untuk menuliskan satu pertanyaan tentang materi pemblajaran yang sedang dipelajari dikelas atau sebuah topik khusus yang akan didiskusikan dalam kelas
- Kumpulkan kertas, acak kertas tersebut kemudian bagikan kepada setiap siwa. Pastikan bahwa tidak ada siswa yang menerima soal yang ditulis sendiri. Minta mereka membacaa dalam hati pertanyaan dalam kelas tersebut kemudian memikirkan jawabanya
- Minta siswa secara sukarela untuk membacakan pertanyaan tersebut dan jawabanya
- Setelah jawaban diberikan, mintakah siswa lainya untuk menambahkan dan melanjtukan dengan sukarelawan berikutnya
Kelebihan Strategi Pemblajaran Everyone Is a Teacher Here Dalam Mata Pelajaran SKI
- Meningkatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan individual
- Mengaktifkan peserta didik dalam mempelajari sejarah kebudayan Islam
- Menggali informasi seluas-luasnya tentang sejarah kebudayaan islam
- Membangkitkan respon siswa
- Dapat menganalisis pemahaman siswa tentang sejarah kebudayaan islam.
Kekurangan strategi everyone is a teacher here, adalah sebagai berikut:
- Siswa takut tidak bisa menjawab pertanyaan dari salah satu teman
- Memakan waktu lama untuk menghabiskan suma pertanyaan untuk satu kelas
- Pertanyaan yang diajukan tidak sesuai dengan tujuan pemblajaran
Semoga bermanfaat