Silabus Pendidikan Inklusi





SILABUS PENDIDIKAN INKLUSI

Nama Mata Kuliah              : Pendidikan Inklusi
Kode Mata Kuliah               : --
SKS                                     : 2
Semester                              : V
Dosen                                   : Aris Nurlailiyah, M.PdI
Program Studi                      : PGMI
Prasyarat                              : --
Waktu Perkuliahan             : Semester Gasal
Deskripsi Mata Kuliah       :

Pengalaman Belajar            : Tatap muka, presentasi, penelitian, catatan review dan ujian.

Pertemuan
Tujuan Perkuliahan
Pokok Bahasan
1
Mahasiswa memahami unit guide perkuliahan Pendidikan Inklusi
Pengantar
2
Dasar dasar mendidik siswa berkebutuhan khusus
a.          Pengertian pendidikan khusus
b.         Hukum federal tentang pendidikan khusus
c.          Pengaruh apa saja yang membentuk pendidikan khusus
3
Prosedur dan layanan pendidikan inklusi
a.          Tenaga professional dalam pendidikan khusus
b.         Cara membedakan pendidikan khusus dan keadaan disabilitas
c.          Layanan yang dterima siswa penyandang disabilitas
4
Asesmen kebutuhan khusus
a.          Sumber informasi yang digunakan dalam pemrograman untuk siswa berkebutuhan khusus
b.         Asesmen berbasis kurikululm untuk siswa berkebutuhan khusus dan tidak
c.          Probing berbasis kurikulum digunakan untuk mengambil keputusan pendidikan khusus
5
Merencanakan pengajaran dengan menganalisis ruang kelas dan kebutuhan kelas I
a.          Strategi INCLUDE
b.         Pengelolaan kelas
c.          Pengelompokan siswa
d.         Evaluasi materi pengajaran
e.          Analisis metode pengajaran dalam hubungannya dengan kebutuhan siswa
6
Merencanakan pengajaran dengan menganalisis ruang kelas dan kebutuhan kelas II
-

7
Siswa berkebutuhan khusus selain disabilitas
a.          UU mengenai perlindungan siswa berkebutuhan khusus
b.         Intervensi bagi siswa bermasalah
8
Pembedaan Pengajaran
a.          Akomodasi untuk siswa dengan beraneka ragam kondisi
b.         Melibatkan orang tua dalam mendidik
c.          Modifikasi pengajaran bagi siswa-siswa penyandang gangguan kecerdasan
9
Strategi belajar mandiri
a.          Strategi belajar mandiri di kelas
b.         Contoh strategi belajar yang berhasil
c.          Siswa menggunakan strategi belajar mandiri
10
Evaluasi Hasil Belajar I
a.          Akomodasi bagi siswa berkebutuhan khusus sewaktu memberikan ujian
b.         Akomodasi dalam penetapan nilai kartu raport bagi siswa berkebutuhan khusus
c.          Asesmen menurut performa yang bermanfaat untuk siswa berkebutuhan khusus
d.         Asesmen menurut portofolio yang bermanfaat untuk siswa berkebutuhan khusus
11
Evaluasi Hasil Belajar II
-
12
Lapangan
Observasi ke sekolah Inklusi atau ke sekolah SLB jenis apapun
13
Lapangan –menulis laporan
Observasi ke sekolah Inklusi atau ke sekolah SLB jenis apapun
14
Review hasil lapangan dan teori perkuliahan




logoblog
Previous
« Prev Post