Sabtu, 25 Juli 2015

Bertepuk Sebelah Tangan, Masak?

Bertepuk Sebelah Tangan, Masak?

Soal cinta, ada yang namanya sukses berarti saling mencintai dan menerima. Lalu tidak sukses, itu tandanya diantara salah satu ada yang tidak suka dan menolak. Hehehe... itu sih kata banyak orang.
So... apa ya memang begitu?

Kalau setahu gue ni... ya bisa begitu kalau pantang menyerah dan menerima keadaan. Tapi, tidak untuk yang pantang mundur dan berjuang sampai darah penghabisan... :)

Begini, pada dasarnya manusia itu ada rasa kesepian, ingin dimanja, berbagi dan sebaliknya. Nah, bagi kalian-kalian yang lagi jatuh cinta (beneran) bukan yang boong-boong an, apalagi cuman ngilangin status jomblo dan single yaaahh pikir 2-10 kali deh untuk masuk ke dunia sakral mereka yang kita cintai. Sebab resiko orang jatuh cinta tuh gak gampang.
Bedakan antara cinta dan kagum. heheh... mirip, habis mereka sepupuan...
Yang namanya kagum__ biasanya lihat orang lain berprestasi, cantik/cakep, rapi dan sopan, baik dan bla....bla.. jadi terharu dan terpesona.
Tapi, soal cinta... wah bikin kalkulator rusak, gimana gak rusak diitung-itung sampai tengah malam gak nyampek-nyampek... "Dia tuh, kagak cantik, kaya juga enggak, tapi kenapa gue mikirin dia terus?,"
Cara kerja cinta memang salah satunya begitu... apalagi tba2 yang ditaksir adalah ciri2 orang yang pada masa dahulu paling disebelin "Gue gak bakalan mau sama cow pendek, cow yang rambutnya kriting, cow yang kalau ngomong matanya jelalatan dan bla...bla..." eits ada lagi yang lebih ekstrim sampai bawa-bawa nama organisasi Islam sampai organisasi kampus "Gue nanti gak bakal mau nikah sama cow yang ikutan HMI atau PMII atau KAMMI atau apalah itu" yeyeyye... Jlebbbbb pas takdir menyapanya eitsss ternyata cow yang ditaksir tidak jauh2 dari segala retorika yang disebelin.
Nah... keren bukan, hal2 kayak gini akan mengingatkan kita pada pesan Rasulullah..
      "Jangan mencintai dan membenci berlebihan, siapa tahu kelak yang kau cintai berubah menjadi yang kau benci beggitu juga sebaliknya"

Kelak jika anda mencintai seseorang,  namun orang itu belum menerima sinyal positif dari anda...Maka:
  1. Jangan pernah menyerah, meskipun di dia menolak anda berpuluh-puluh kali, asal dia masih single itu adalah peluang bag anda, apalagi kalau anda bisa menganalisis waktu yang tepat untuk PDKT. Tapi, jika dia sudah memilki orang lain, maka berbaiklah dengan dri anda, sungguh dosa besar mengganggu hubungan dengan orang lain. Mungkin anda cinta mati, tak bisa melupakannya, tapi ingatlah hukum kausalitas itu akan kembali pada kita.
  2. Jangan  mudah tersinggung, biasanya si dia akan mengeluarkan kata2 yang menyakitkan jika anda PDKTy keterlaluan atau over, nah saat seperti itu jangan sesekali memasukkannya ke hati, kalau sampai masuk ke hati... alamat "TAMAT". tak akan ada perjuangan... hehehhee. anggap aja lucu...."KAMU BIKIN MOOD KU ILANG, JANGAN TELFON-TELFON LAGI" lalu "NGAPAIN SIH LO, ANEH_ANEH AJA," terus "TELFON SAJA SI A, B, C JNGAN Ke GUE AJA" dan bla.... bla....
  3. Jadilah orang yang Gemati (perhatian), lama-lama dia juga akan luluh.. entah 1 bulan, 2 bulan, 1 tahun hingga batas tertentu... kerasnya batu aja bisa berlubang, apalagi kerasnya hati orang... percaya nggak sih, orang yang awalnya begitu menyebalkan pada ahirnya bilang "KAMU KOK BAIK BANGET", "YANG GUE SALUT SAMA LO, SALAH SATUNYA LO BAIK SAMA SAUDARA GUE" dan bla... bla... hehehehehehhe
  4. Tingkatkan religiusitas diri anda, ini faktor TAKDIR. sejauh dia menolak, mengingkari, jika TUHAN berkata lain... jangan khawatir... sesungguhnya CINTA SEJATI itu tak akan kemana. Namun, Cinta itu hanya disematkan pada hati dan jwa2 yang suci, selebihnya sekedar suka, nafsu, kagum dan semacamnya.
  5. Tingkatkan pengetahuan anda, ini... mau tak mau, sebab pengetahuan bukanlah untuk hura-hura, namun sebagai bentuk belajar memperoleh kebijaksanaan.
  6. Percantik diri dan hati, ini soal selera mata fisik, keindahan itu sebuah kdrat yang setiap manusia senang melihatnya. tapi, terpenting dari semua itu adalah jiwa yang bersih dan Cinta.
ketika enam cara diatas sudah anda lakukan, maka tunggulah keajaiban2 yang datang.

 _____ Jatuh Cintalah yang tepat, jika bisa memilih____
Jika Cinta itu tertutup untukmu di dunia ini, maka pilihlah sahabat hidup yang baik dan sekiranya dengan kebersamaan kalian di dunia menjadi kehidupan yang manfaat.
Jika Cinta itu telah meninggalkan kalian ke alam yang berbeda, maka pilihlah sahabat hidup yang baik dan sekiranya kebersamaan kalian di dunia menjadi kehidupan yang manfaat.
DAN... jika Cinta kalian masih bisa diperjuangkan,
Jangan pernah berhenti untuk berusaha, sebab Cinta tidak datang berulang kali dan sesering bergantinya musim.
Karena cinta tidak bebas nilai, marilah kita mencari keberuntngan dengan caranya masing2, semoga cinta yang kita alami adalah cinta yang benar karena Tuhan. Amiiin

Salam penuh CINTA

Kamis, 09 Oktober 2014

UTS Psikologi Perkembangan

UTS (Psikologi Perkembangan)

TUGAS UTS 2014 STIQ ANNUR
Psikologi Perkembangan
PAI
Kelas A, B
UTS untuk Mata Kuliyah Psikologi Perkembangan adalah:
Perbaikan makalah sesuai masukan-masukan saat diskusi.
Dikumpulkan sesuai jadwal yang ditentukan. Syukron.

SILABUS MATA KULIAH
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Pertemuan
POKOK BAHASAN
URAIAN SUB POKOK BAHASAN
METODE
1.
Kontrak belajar
Prosedur perkuliahan, sistem penugasan dan sistem penilaian.
Ceramah,
Tanya Jawab
2.
Berkenalan dengan  konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan
1.   Pengertian perkembangan
2.   Pengertian pertumbuhan
3.   Perbedaan per-kembangan dan pertumbuhan
4.   Tujuan/manfaat psikologi perkem bangan.
Ceramah,
Tanya Jawab
3.
Akar historis psikologi  & kedudukan psikologi dalam lapangan psikologi perkembangan
1.      Akar Historis Psikologi
        Perkembangan
2.      Kedudukan Psikologi   perkembangan  di dalam Lapangan Psikologi

4
Presentasi, diskusi,
Tanya Jawab
4.
Macam-macam teori perkembangan dan penerapannya dalam proses pembelajaran
1.      1.Teori biologi
2.   2.Teori lingkungan
1.      3.Teori psikodinamika
2.      4. Konsep teori ilmu kerohanian
5. Konsep teori inter aksionisme
Presentasi, diskusi,
Tanya Jawab
5.
Hakikat konsepsi dan awal kehidupan manusia sampai masa tahap janin
1.   1. Hakikat konsepsi dan awal kehidupan manusia.
2. Tahap perkembangan masa pranatal
3. ciri-ciri masa geminal
4. masa embrio
5. masa tahap janin
presentasi, diskusi, Tanya Jawab
6.
Karakteristik perkembangan bayi
1.   1. Karakteristik perkembangan fisik bayi
2.   2. Karakteristik perkembangan kognitif masa bayi
3.   3. Karakteristik perkembangan psikososial masa bayi
Presentasi,
Diskusi, Tanya Jawab
7.
Karakteristik perkembangan masa akhir anak-anak
1. Karakteristik perkembangan fisik masa akhir anak-anak
2. Karakteristik perkembangan kognitif masa akhir anak-anak
3. Karakteristik perkembangan psikososial masa akhir anak-anak
Persentasi,
Diskusi,
Tanya Jawab
8.
Periode Remaja
(11-18 th)
1.    Karakteristik perkembangan fisik masa remaja
2.    Perubahan Pubertas, ciri-ciri seks primer & sekunder
3.    Karakteristik perkembangan kognitif masa remaja
4.    Karakteristik perkembangan psikososial masa remaja
Persentasi, Diskusi,
Tanya Jawab
9.
Periode Dewasa awal (18-40 th)
1.    Karakteristik perkembangan fisik masa dewasa
2.    Karakteristik perkembangan kognitif masa dewasa
3.    Karakteristik perkembangan psikososial masa dewasa
Persentasi, Diskusi,
Tanya Jawab
10.
 Periode Dewasa Madya
(40 – 60 th)
1.  Tugas Perkembangan pada masa dewasa  madya
2.      Perkembangan Fisik
3.      Perkembangan Kognitif
4.      Perkembangan Psikososial
Persentasi, Diskusi,
Tanya Jawab
11.
Periode Lanjut Usia
(60 – wafat/mati)
1.   Perkembangan Lanjut Usia
2.   Penyesuaian Diri terhadap:    _Perubahan Fisik
3.      Perubahan Kemampuan Mental
4.      Perubahan Minat
Persentasi, Diskusi,
Tanya Jawab
12.
Review
1.   membaca ulang mata kuliyah sebelumnya
 Ceramah, presentasi,
Tanya Jawab



UTS (Manajemen Lembaga Survey)

TUGAS UTS oktober 2014
MANAJEMEN LEMBAGA SURVEY (MLS)
Jur. Siyasah, Fak. Syariah, Univ. UIN SUKA
Kelas A, B, C


UTS untuk Mata Kuliyah MLS adalah:

1. Membuat proposal tentang penelitian sosial
2. listing populasi dan sample
3. Kuesioner penelitian

Dikumpulkan sesuai jadwal yang ditentukan jurusan. Terimakasih.





SILABUS MATA KULIAH
MANAJEMEN LEMBAGA SURVEY
 
Pertemuan
POKOK BAHASAN
URAIAN SUB POKOK BAHASAN
METODE
1.
Kontrak belajar
Prosedur perkuliahan, sistem penugasan dan sistem penilaian.
_____
2.
Metode penelitian survey
1.      Manfaat penggunaan metode survey
2.      Tipe-tipe penelitian survey
Ceramah, tanya jawab
3.
Proses awal penelitian Survey
1.      Identifikasi, perumusan masalah dan sumber masalah
2.      Penelaahan kepustakaan
Ceramah,
tanya jawab
4.
Penyusunan hipotesin dan variabel
1.         Penyusunan hipotesis
2.         proposisi
3.         definisi variabel
4.         hubungan antara variabel
5.         skala variabel
Ceramah,
tanya jawab
5.
Pengembangan alat Pengambilan data
1.         observasi
2.         wawancara mendalam
3.         diskusi kelompok terarah
4.         analisis isi dari materi tertulis
Ceramah, praktek,
tanya jawab
6.
Penyusunan rancangan penelitian
1.         Pemilihan metode penelitian
2.         Teknik pemeriksaan keabsahan informasi
3.         Teknik wawancara
Ceramah
tanya jawab
7-8
Penyusunan Proposal penelitian (individu)
Latar Belakang-metpen
Praktek, tanya jawab
9.
Kepemimpinan dalam penelitian
  1. Tipe pemimpin
  2. Pembuatan proposal
  3. Administrasi keuangan
ceramah
tanya jawab
10.
Pembinaan badan penelitian (pembinaan staf)
  1. Staf peneliti
  2. Asisten peneliti
  3. Staf pendukung
  4. Konsultan
  5. Sekretaris direktur
ceramah
tanya jawab
11.
Pembinaan suasana kerja dan suasana akademi
  1. Hubungan kerjasama staf
  2. Seminar
  3. Lokakarya
  4. Peneliti tamu
ceramah
tanya jawab
12.
Lapangan
Survey
Praktek
13.
Lapangan
Survey
Praktek
14.
Review

Ceramah, tanya jawab