ALIRAN DAN DOKTRIN DALAM ILMU KALAM

Oleh: Indriana Qairunisa


ALIRAN DAN DOKTRIN DALAM ILMU KALAM

Nama Aliran
Tahun Muncul
Tokoh
Doktrin
Khawarij
Abad ke 7
Abdullah bin Wahhab Ar-Rasyidi, Urwah bin Hudair, Mustarid bin Sa'at, Abdullah bin basyir, Hausarah Al-Asadi
Khalifah tidak harus keturunan Arab, Orang yang melakukan dosa besar sampai matinya belum bertaubat dihukumi kafir, Tidak mengikuti Ali, Boleh tidak mengikuti aturan kepala negara, Amal sholeh adalah sebagian dari iman
Murji'ah
1 H
Abu Hasan Ash-Shalihi, Yunus bin An namiri, Ubaid Al Muktaib, Ghailan Ad-Dimasyq, Bisyar Al-Marisi,  Muhammad bin Karram
Menyerahkan keputusan kepada Allah atas orang muslim yang berdosa besar, Meletakkan (pentingnya) iman dari amal, Memberikan pengharapan kepada muslim yang berdosa besar untuk memperoleh ampuanan dan rahmat dari Allah, Menunda hukuman atas Ali, muawiyah, Amr bin Ash, dan Abu Musa Al-Asy'ari yang terlibat tahkim dan menyerahkanya kepada Allah di hari kiamat kelak
Syiah
1 H
Abu Dzar Al-Giftari, Miqad bin Al-Aswad, Amar bin Yasir
Tauhid, Al Adl, An-Nubuwwah, Al-Imamah, Al-Ma'ad
Asy'ariyah
300 H
Al-Baqillany, Al-Juwainy, Al-Ghazali,
Tuhan dan sifat-sifatnya, Bebas berkehendak, Qodim nya Al-Qur'an, Melihat Allah, Keadilan, Akal dan Wahyu
Maturidiyah
4 H
Abu Mansyur Al-Maturidi
Akal dan Wahyu, Perbuatan Manusia, Sifat Tuhan, Kekuasaan dan kehendak, Mutlak Tuhan, Melihat Tuhan, Kalam Tuhan, Pengutusan rosul, Mutakib Al Kabir
Mu'tazilah
120 H
Washil bin Atha', Abu Huzail Al-allaf, Abu Hasyim Al-Fubbai
Al-Tauhid (keesaan Allah), Al-Adl (keadilan tuhan), Al Wa'd Wa'id (janji dan ancaman) bahwa wajib bagi Allah untuk memenuhi janjinya (Al-Wa'd), Amar ma'ruf nahi munkar
Qadariyah
70 H
Ma'bad Al Juhanny, Gailan Al-Dimasyq
Orang yang berdosa besar itu bukanlah kafir dan bukan mukmin tapi fasiq dan orang fasiq itu masuk neraka secara kekal Allah SWT, Tidak menciptakan amal perbuatan manusia melainkan manusialah yang menciptakanya, Kaum Qadariyah mengatakan bahwa Allah itu maha Esa bahwa Allah tidak memiliki sifat sifat azab, Kaum qadariyah berpendapat bahwa akal menusia mampu mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk
Jabariyah
70 H
Jahm bin Shafwan, Al Ja'ad bin Dirham, Husain bin Muhammad Al-Najjar, Dirar ibn 'Amr
Aliran Ekstrim : Manusia tidak mampu untuk berbuat apa-apa, Surga dan neraka tidak kekal hanya Allah, Iman adalah ma'rifat atau membenarkan dengan hati, Kalam tuhan adalah makhluk.
Aliran Moderat : Tuhan menciptakan perbuatan manusia baik positif maupun negatif, Manusia tidak dipaksa dan tidak pula menjadi pencipta perbuatan, Tuhan tidak dapat dilihat diakhirat
Ahlu Sunnah wal Jama'ah
137-159 H/754-775 M
Abu Al-Hasan bin Ismail Al-Asy'ari
Iman, Islam, Ihsan



logoblog
Previous
« Prev Post