Oleh: Fatimatuzzahroh
Review Buku:
Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen
Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen
Judul Buku : Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen
Penulis : Robert R. Boehlke, Ph. D.
Penerbit : PT BPK Gunung Mulia
Tebal Buku : 820 HalamanBuku ini merupakan buku karya Robert R. Boehlke yang berjudul “Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen”. Sejarah Pendidikan Kristen (PAK) adalah uraian sistematis atas segala yang telah dipikirkan dan diperbuat gereja pada masa lampau dalam upaya mendidik warga gereja. Sejarah pendidikan menunjukkan bahwa suatu pemikiran kemungkinan besar adalah produk dari percampuran banyak pemikiran dari zaman-zaman sebelumnya.
Pada bab awal, buku ini mengulas tentang tokoh komensky bapak pendidikan modern yaitu Yohanes Amos Comenius. Bagi orang Kristen pendidikan merupakan pelayanan pelengkap di antara sekian banyak pelayanan gerejawi di kalangan jemaat dan bukan sebagai bidaang cakup yang berintegritas sendiri. Itulah sebabnya pemikiran Yohannes Amos Comenius menjadi perubahan mencolok tentang cara orang berpikir tentang pelayanan dan pelaksanaan pendidikan.
Orbis Pictus (dunia nyata melalui gambar-gambar) adalah buku bacaan bergambar pertama yang pernah diterbitkan. Lebih dari tiga ratus gambar termuat didalamnya. Pada setiap halaman kiri terdapat gambar tentang keadaan atau kegiatan di dunia nyata, dan dibawah gambar itu pada halaman kanan, termuat daftar perkataan atau kalimat dalam dua jalur sejajar. Yang satu itu terdiri dari kata atau kalimat dalam bahasa daerah, sedangkan pada jalur kanan terdapat kata atau kalimat sama dalam bahasa latin. Begitulah para pelajar mempelajari bahasa latin berdasarkan pengetahuannya dalam bahasa daerah.
Dalam sejarah pendidikan, Comenius menduduki tempat mencolok. Ia memelopori serta menguasai seantero gerakan pendidikan modern dalam bagian sekolah dasar dan menengah. Hubungannya dengan pengajaran masa kini adalah serupa dengan tempat yang diduduki Kopernikus dan Newton dalam ilmu pengetahuan modern, dan Bacon serta Descartes dalam ilmu filsafat. Ia mengambil alih gagasan-gagasan yang sedang mengilhami peradaban baru serta menerapkannya dalam sistem persekolahan.
Dari sudut sejarah pendidikan asas-asas pendidikan yang Comenius anjurkan amat mengesankan. Berdasarkan intuisi dan peninjauan terhadap proses bertumbuh yang tampak dalam alam, ia menarik begitu banyak kesimpulan yang masih tetap benar. jadi, ia tidak dipuji karena asas pedagogis itu diperoleh melalui pemikiran secara analogis, karena kecerdasannya menangkap masalah pokok dalam ilmu pedagogi.
Dalam mempelajari sejarah PAK, kita dapat menganalisis pemikiran gereja pada suatu zaman tertentu tentang beberapa isu pedagogis yang utama, yaitu apa yang diartikan gereja dengan hakikat pendidikan, kemana tujuan pendidikan, apa citra gereja tentang diri pendidik, apa citra gereja tentang diri nara didik, apa isi atau bahan pendidikan dan bagaimana gereja melakukan pendidikan.
Kelebihan dan Kekurangan
Buku ini sangat cocok dala membuka wawasan dan pikiran, dimana didalamnya menceritakan tentang tokoh-tokoh tentang sejarah pendidikan PAK. Tokoh-tokoh ini begitu bersemangat dalam kehebatan mereka dalam segi pendidikan Kristen, dan juga dapat memperluas pikiran kita karena buku ini sangat menarik dan sangat bagus. Buku ini sangat membantu memahami hal-hal perjalanan pendidikan Agama Kristen di Indonesia.
Akan tetapi ajaran Agama Kristen yang disampaikan tidak dengan teladan kebenaran sebagai proyeksi tindakan yang benar dalam menghayati dan hidup karena iman Kristen, membuat orang tertentu menjadi kecewa.